Paus Fransiskus Tiba di Istana Merdeka, Disambut Dentuman Meriam

Paus Fransiskus menumpangi Toyota Innova Zenix

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Wododo menerima kunjungan kenegaraan pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/9/2024). Paus tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 09.30 WIB.

Pantauan IDN Times, Presiden Jokowi terlihat keluar lebih dulu di halaman Istana Merdeka sebelum Paus Fransiskus tiba. Paus tiba menumpangi mobil Toyota Innova Zenix putih.

Jokowi dan Paus nampak bersalaman. Keduanya saling bertukar sapa dan tersenyum.

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi ditemani Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kedatangan Paus Fransiskus juga disambut upacara kenegaraan. Selain itu, sejumlah dentuman meriam turut menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Istana Merdeka.

Lagu kebangsaan Indonesia dan Vatikan juga dilantunkan dalam upacara kenegaraan. Dentuman meriam terus terdengar selama lagu kebangsaan Vatikan dan Indonesia Raya diperdengarkan.

Setelah itu, Paus Fransiskus masuk ke dalam Istana Merdeka. Presiden Jokowi mempersilakan Paus Fransiskus mengisi buku tamu kenegaraan.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan, setelah upacara kenegaraan, Paus Fransiskus akan disambut dengan rangkaian acara formal di Istana Negara.

Presiden Jokowi dan Paus akan mengadakan pertemuan tertutup untuk membahas berbagai isu penting, termasuk perdamaian dunia dan dialog antaragama.

Yusuf menambahkan, kunjungan ini juga akan melibatkan pertemuan dengan tokoh-tokoh agama di Indonesia.

"Selain itu, juga akan ada pertemuan dengan para tokoh agama dan korps diplomatik di Istana Negara. Pertemuan ini akan memperkuat hubungan antaragama di Indonesia," ucap dia.

Paus Fransiskus berada di Indonesia dari 3-6 September 2024. Paus juga akan memimpin Misa Akbar di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) pada 5 September 2024.

Baca Juga: Anak-anak Berbaju Adat Nusantara Siap Sambut Paus Fransiskus di Istana

Baca Juga: Cerita Warga Indonesia Kagum Melihat Kesederhanaan Paus Fransiskus 

Baca Juga: Gaya Hidup Keluarga Jokowi Jadi Sorotan di Tengah Kesederhanaan Paus

Topik:

  • Dheri Agriesta
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya