Optimalisasi Pendidikan, Ganjar Ingin Ekonomi RI Tumbuh 7 Persen

Ganjar ingin Indonesia berdaulat di bidang maritim

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres) dari nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mengaku bisa membuat ekonomi Indonesia tumbuh hingga 7 persen. Ganjar mengatakan ada sejumlah strategi untuk mencapai ekonomi Indonesia tumbuh 7 persen. Salah satunya dengan optimalisasi transportasi hingga pendidikan.

"Yang di perkotaan ada MRT, LRT, kira-kira 20 kota besar agar interkoneksi bisa berjalan, namun peningkatan kapasitas transportasi laut yang hari ini sudah berjalan kita utilisasi," ujar Ganjar dalam keterangannya, dikutip Jumat (24/11/2023).

Baca Juga: Deretan Program Ganjar di Jateng, Peduli Kesehatan Ibu Hamil

1. Indonesia harus berdaulat maritim

Optimalisasi Pendidikan, Ganjar Ingin Ekonomi RI Tumbuh 7 PersenCapres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyebut Indonesia harus berdaulat maritim. Sebab, 77 persen wilayah Indonesia adalah perairan. Ganjar menegaskan, akan memaksimalkan potensi ekonomi biru dengan mengakselerasikan 11 potensi ekonomi maritim.

"Pertanyaannya adalah ketika kemudian seperti tol laut yang sudah berjalan ini apakah kemudian transportasi yang bolak-balik itu bisa menumbuhkan ekonomi yang ada. Ini PR yang kita tuntaskan. Hari ini sudah berjalan tapi menuntaskan sampai finis, ya kapalnya kalau sudah berjalan pulangnya mendapatkan sesuatu. Maka di ujungnya harus jadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru," ucap dia.

Baca Juga: Ganjar Balas Kunjungan Mama Papua yang Pernah Datang ke Rumah Dinasnya

2. Tingkatkan kualitas pendidikan

Optimalisasi Pendidikan, Ganjar Ingin Ekonomi RI Tumbuh 7 PersenCapres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (IDN Times/Istimewa)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu kemudian ingin meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Terlebih, Indonesia kini mendapat bonus demografi.

"Satu keluarga miskin kalau kita bantu satu sarjana maka si satu sarjana di keluarga miskin itu akan men-generated keluarganya untuk dia bisa menjadi tulang punggung dan membawa keluarganya terentaskan dari kemiskinannya," kata dia.

3. Ganjar singgung soal investasi jadi mesin pembangunan ekonomi

Optimalisasi Pendidikan, Ganjar Ingin Ekonomi RI Tumbuh 7 PersenCapres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut, Ganjar menyinggung soal investasi jadi mesin pembangunan ekonomi. Meski demikian, kata Ganjar, investasi yang masuk tidak boleh merugikan warga lokal.

"Seringkali perusahaan global masuk, lokalnya menjadi penonton. Maka kemudian partnership yang mesti dilakukan kita bisa atur agar kemudian ini menjadi trigger agar industri lokalnya juga bisa tumbuh," ucap dia.

Baca Juga: Projo-Ganjar Deklarasikan Dukungan, Nilai Ganjar Pantas Jadi Pemimpin

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya