NasDem Usulkan Ganjar Jadi Capres, PDIP: Parpol Bukan Klub Sepak Bola

Nama Ganjar muncul dalam rakernas Partai NasDem

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyindir Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang mengusulkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai capres. Ganjar adalah kader PDI Perjuangan.

"Kaderisasi kepemimpinan partai itu merupakan fungsi yang sistemik yang seharusnya dilakukan oleh partai. Maka hal tersebut yang seharusnya dilakukan oleh partai politik, karena partai politik bukan klub sepak bola," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga: NasDem Pastikan Tak Ada Nama Prabowo dalam Usulan Capres 2024

1. Ganjar tetap tegak lurus pada PDI Perjuangan

NasDem Usulkan Ganjar Jadi Capres, PDIP: Parpol Bukan Klub Sepak BolaSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto memastikan Ganjar tetap patuh pada PDI Perjuangan dan pihaknya tidak akan mencampuri urusan partai lain.

"Teman-teman pers sudah tahu jawaban dari Pak Ganjar sejak datang kemarin menegaskan, 'Saya PDI Perjuangan dan tegak lurus kepada perintah dari Ketua Umum PDI Perjuangan'," kata Hasto.

Baca Juga: Ganjar Diusulkan Jadi Capres NasDem, Begini Respons PDIP 

2. Ganjar tetap patuh ke Mega

NasDem Usulkan Ganjar Jadi Capres, PDIP: Parpol Bukan Klub Sepak BolaPolitikus PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Ganjar Pranowo memastikan akan tetap patuh kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, meskipun nantinya tak akan dicalonkan sebagai calon presiden di Pilpres 2024. 

"Semua tegak lurus pada keputusan dan itulah yang sudah menjadi keputusan kongres itu prerogatif penuh Ibu Ketua Umum," ujar Ganjar di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (17/6/2022).

3. Rakernas NasDem: Ganjar, Anies hingga Dudung Diusulkan Jadi Capres

NasDem Usulkan Ganjar Jadi Capres, PDIP: Parpol Bukan Klub Sepak BolaPolitikus PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sejumlah nama calon presiden (capres) mulai diusulkan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Berdasarkan pantauan di lokasi acara, rakernas kali ini, Kamis (16/4/2022), digelar secara terbuka dan dihadiri oleh lebih dari enam ribu kader NasDem. Rakernas dimulai dengan agenda sidang mendengarkan aspirasi capres dari seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) yang tersebar di 34 provinsi.

Berdasarkan usulan DPW, yang dimulai dari provinsi Indonesia bagian timur, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, masuk.

Sedangkan usulan capres yang berasal dari internal partai muncul nama Ahmad Sahroni, Surya Paloh, Prananda Surya Paloh, Rachmat Gobel, hingga Syahrul Yasin Limpo.

Hingga berita ini ditulis, rapat masih berlangsung. Rakernas NasDem sendiri digelar pada 15 hingga 17 Juni 2022, untuk menjaring nama capres yang akan diusung NasDem.

Baca Juga: Digadang-gadang Maju Jadi Capres, Ganjar: Itu Urusan Ketua Umum

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya