Muktamar PKB di Bali Akan Undang Pimpinan Parpol Luar Negeri dan NU

Pimpinan parpol dalam dan luar negeri diundang

Intinya Sih...

  • Muktamar PKB di Bali akan diadakan pada 24-25 Agustus 2024 dengan persiapan yang lancar
  • Pimpinan partai politik dalam dan luar negeri, termasuk CDI, diundang ke Muktamar
  • PKB juga akan mengundang ulama, kiai, dan tokoh NU secara personal untuk meramaikan acara

Jakarta, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar Muktamar di Bali, pada 24-25 Agustus 2024. Sekretaris Organizing Comittee (OC) Muktamar PKB, Zainal Munasihin, memastikan semua persiapan berjalan lancar.

"Ada beberapa hal yang perlu kami informasikan terkait progres persiapan kita akan menggelar Muktamar PKB di Bali pada tanggal 24-25 Agustus bulan ini. Alhamdulillah secara teknis semuanya insyaallah sudah ready, untuk menyambut para peserta Muktamar PKB yang nanti akan dihadiri insyaallah kurang lebih 5.500 pengurus dan kader PKB seluruh Indonesia," ujar Zainal dalam konferensi pers di DPP PKB, Jakarta, Senin (12/8/2024).

Zainal mengatakan, sejumlah pimpinan partai politik dari dalam dan luar negeri akan diundang pada Muktamar PKB di Bali.

"Di dalam forum Muktamar PKB di Bali nanti kita akan mengundang beberapa tamu istimewa. Salah satunya adalah pimpinan-pimpinan partai politik di dalam negeri dan juga luar negeri. Pimpinan partai politik yang luar negeri ini yang nanti akan kita undang adalah pimpinan-pimpinan partai yang tergabung dalam Centris Demokrat Internasional atau CDI," kata dia.

Baca Juga: PKB Merapat ke Prabowo, Dukungan ke Anies Meredup

1. PKB tergabung dalam CDI sejak 2019

Muktamar PKB di Bali Akan Undang Pimpinan Parpol Luar Negeri dan NUKonferensi pers kesiapan PKB menggelar Muktamar di Bali (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Zainal mengatakan, PKB sudah tergabung dalam CDI sejak 2019. Menurutnya, partai politik yang tergabung dalam CDI memiliki pemikiran yang moderat.

"Ini organisasi tempat berhimpun partai-partai politik berhaluan moderat yang di mana PKB sendiri sejak 2019 bergabung menjadi salah satu member dari Centris Demokrat Internasional atau CDI. Ini anggotanya partai-partai haluan tengah di Eropa dan juga Amerika Latin. Kita akan mengundang kurang lebih 65 pimpinan partai yang tergabung dalam CDI dan insyaallah mereka konfirm untuk hadir ikut meramaikan Muktamar PKB 2024 di Bali," ucap dia.

2. Ulama dan kiai juga akan diundang

Muktamar PKB di Bali Akan Undang Pimpinan Parpol Luar Negeri dan NUKonferensi pers kesiapan PKB menggelar Muktamar di Bali (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Selain itu, PKB juga memastikan akan mengundang ulama dan kiai pada Muktamar di Bali. Menurutnya, para ulama dan kiai memiliki peran penting di tubuh PKB.

"Kita juga akan mengundang para ulama, para kiai yang selama ini sudah memberikan kontribusi yang luar biasa kepada Partai Kebangkitan Bangsa dan juga yang selama ini ikut mendampingi Pak Muhaimin dalam perjalanan politik PKB dan juga Gus Muhaimin," ujar dia.

3. PKB akan undang PBNU?

Muktamar PKB di Bali Akan Undang Pimpinan Parpol Luar Negeri dan NUKonferensi pers kesiapan PKB menggelar Muktamar di Bali (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Saat ditanya apakah PKB akan mengundang Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Zainal hanya menjawab mengundang tokoh NU secara personal.

"Untuk pimpinan-pimpinan organisasi kemasyarakatan, karena ini perhelatannya adalah perhelatan partai politik, tentu yang kita undang adalah yang memang domainnya adalah domain partai-partai politik. Untuk tokoh-tokoh secara personal, secara kultural Nahdlatul Ulama akan kita undang," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya