Muhammadiyah Dorong PBB Damaikan Perang Israel vs Palestina

Muhammadiyah ajak umat Islam lakukan salat ghaib

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, mendorong Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mendamaikan perang antara Israel dan Palestina. Muhammadiyah juga menyampaikan duka cita atas ribuan warga sipil yang menjadi korban meninggal dunia dan luka-luka.

"Mendesak kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk segera mengambil langkah- langkah politik dan diplomatik dengan melibatkan pihak-pihak terkait, khususnya Israel-Palestina untuk menghentikan perang, melakukan gencatan senjata, dan melakukan perundingan damai," ujar Haedar di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga: Pemerintah Soroti Dampak Perang Israel-Hamas Hingga Krisis Pangan

1. Muhammadiyah serukan Israel tak melakukan agresi terhadap Palestina

Muhammadiyah Dorong PBB Damaikan Perang Israel vs PalestinaKetua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (youtube.com/Muhammadiyah)

Dalam kesempatan itu, Haedan menyerukan tidak memanfaatkan perang untuk terus melakukan aneksasi dan ageresi di wilayah Palestina. Hal itu dilakukan demi perdamaian terwujud.

"Semua pihak ikut serta menyelesaikan akar masalah dan menaati serta mengimplementasikan Resolusi Dewan Keamanan PBB sebagai solusi konflik Israel-Palestina," kata dia.

Baca Juga: Israel Menggila di Gaza, 900 Warga Palestina Tewas

2. Muhammadiyah dorong pemerintah lakukan langkah proaktif

Muhammadiyah Dorong PBB Damaikan Perang Israel vs PalestinaKetua PP Muhammadiyah Haedar Nashir. (IDN Times/Daruwaskita)

Haedar kemudian mendorong pemerintah melakukan langkah proaktif membantu menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Salah satunya bisa melalui PBB dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

"Mengimbau kepada semua pihak di Tanah Air untuk menyikapi perang Israel-Palestina dengan rasional dan arif serta tidak terprovokasi oleh berbagai informasi provokatif, hoaks, dan menyesatkan yang disampaikan oleh pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan perang Israel-Palestina untuk kepentingan politik tertentu yang berpotensi menimbulkan masalah di dalam negeri," beber dia.

3. Ajak umat Islam salat ghaib

Muhammadiyah Dorong PBB Damaikan Perang Israel vs PalestinaKetua Umum PP Muhammditah, Haedar Nashir. IDN Times/Pito Agustin Rudiana

Haedar kemudian mengajak umat Islam salat ghaib untuk muslimin yang menjadi korban perang Israel-Palestina. Muhammadiyah mengajak semua umat Islam memanjatkan doa kepada Allah SWT, agar perang segera berakhir.

"Muhammadiyah senantiasa mendukung perjuangan Palestina serta bersiap mengirimkan bantuan dan relawan kemanusiaan, aktif berkoordinasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak yang dapat dipercaya untuk membantu masyarakat sipil yang menjadi korban perang terutama anak-anak dan perempuan," imbuhnya.

Baca Juga: WNI di Gaza Cerita Detik-detik Perang Hamas-Israel Meletus

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya