Megawati Beberkan Alasan PDIP Usung Ansy Lensa di Pilkada NTT

Megawati lakukan kontemplasi terlebih dulu

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, telah menetapkan Ansy Lensa sebagai Bakal Calon Gubernur Nusa Tenggara (NTT) untuk Pilkada 2024.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Megawati terlebih dulu melakukan kontemplasi mendalam sebelum Megawati memilih Ansy Lensa. Setelah itu, dia yakin memilih Ansy Lensa karena memiliki rekam jejak sebagai aktivis 1998.

"Saudara Ansy Lema ini juga merupakan bagian dari kekuatan pergerakan mahasiswa tahun 98. Sehingga ini merupakan proses regenerasi kepemimpinan, bagaimana Ibu Mega menempatkan pergerakan 98, kegiatan yang saat itu menjadi benih-benih dari reformasi, kemudian ditempatkan pada peran yang penting," ujar Hasto dalam keterangannya, Rabu (10/8/2024).

Baca Juga: Puan Sebut PDIP Berpeluang Dukung Bobby Nasution di Pilkada Sumut

1. Generasi muda harus didorong jadi calon kepala daerah

Megawati Beberkan Alasan PDIP Usung Ansy Lensa di Pilkada NTTAnggota DPR RI Fraksi PDIP, Ansy Lema (Instagram.com/ansy.lema)

Hasto mengatakan, generasi muda harus didorong menjadi calon kepala daerah. Menurutnya, orang yang memiliki rekam jejak sebagai aktivis 1998 memiliki ideologi yang baik.

Sebab, kata Hasto, mereka pernah melakukan perlawanan rezim otoriter orde baru.

"Jadi, dari komitmen ideologisnya, kemampuan teknokratisnya, pengalamannya, kemudian pergerakan anak-anak mudanya, saudara Ansy Lema memenuhi syarat-syarat itu. Karena
pengalaman menjadi anggota DPR RI ini sangat penting di dalam membangun wawasan bagaimana keputusan-keputusan strategis itu diambil dalam koordinasi dengan pemerintah pusat dan kemudian daerah," kata dia.

Baca Juga: Megawati Lantik Ahok hingga Ganjar Jadi Pengurus DPP PDIP

2. Faktor elektoral juga jadi pertimbangan

Megawati Beberkan Alasan PDIP Usung Ansy Lensa di Pilkada NTTPDIP Tetapkan Ansy Lema Jadi Bakal Calon Gubernur NTT (IDN Times/Istimewa)

Hasto mengatakan, faktor elektoral Ansy Lema juga menjadi pertimbangan dipilih Megawati untuk maju di Pilkada NTT 2024.

"Tentu saja faktor-faktor elektoral itu sangat penting, tapi PDI Perjuangan lebih percaya bahwa seorang pemimpin itu dipersiapkan, diputuskan dan kemudian bergerak turun ke bawah untuk lebih menggerakkan seluruh komponen masyarakat di dalam kemenangan tersebut," beber dia.

3. Ansy Lema akan mengundurkan diri sebagai anggota DPR RI

Megawati Beberkan Alasan PDIP Usung Ansy Lensa di Pilkada NTTPDIP Tetapkan Ansy Lema Jadi Bakal Calon Gubernur NTT (IDN Times/Istimewa)

Karena akan dicalonkan di Pilkada NTT 2024, Andy Lema akan mengundurkan diri sebagai anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan.

"Maka saudara Ansy Lema nanti bukan lagi pejabat negara dan ini segera kami akan lakukan proses ke KPU," kata dia.

Baca Juga: Kasus Harun Masiku, KPK Geledah Rumah Politikus PDIP

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya