Maju Pilkada DKI, Ridwan Kamil Ingin Bangun Apartemen di Atas Pasar

Hal itu untuk mengurangi kemacetan di Jakarta

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil (RK) memaparkan visi dan misinya sebagai calon Gubernur DKI Jakarta 2024.
  • RK akan mengatasi kemacetan dengan memperbanyak perumahan di tengah kota dan membangun apartemen di atas pasar, stasiun, dan jalan.

Jakarta, IDN Times - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil (RK), yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, memaparkan visi dan misinya dalam kontestasi Pilgub Jakarta 2024. Visi dan misi itu disampaikan Ridwan Kamil saat berkunjung ke Kantor DPD Demokrat DKI Jakarta, Jumat (23/8/2024).

RK menjelaskan, solusi untuk mengatasi berbagai masalah di Jakarta bisa dibagi menjadi dua kategori.

"Kita bisa saja hanya fokus pada urusan rutin, seperti penanganan banjir dengan membuat terowongan raksasa ke laut, namun, tidak bisa begitu saja. Dalam versi Jakarta baru, yang tidak lagi menjadi ibu kota, perlu ada imajinasi untuk menciptakan momentum yang memungkinkan Jakarta melompat lebih jauh," ujar Ridwan Kamil.

1. Ridwan Kamil ingin buat hunian di tengah kota untuk atasi kemacetan

Maju Pilkada DKI, Ridwan Kamil Ingin Bangun Apartemen di Atas PasarBakal Calon Gubenur DKI Jakarta, Ridwan Kamil menyambangi kantor DPD Demokrat DKI Jakarta (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Salah satu langkah yang akan diambil oleh RK untuk mengatasi kemacetan adalah dengan memperbanyak perumahan di tengah kota.

"Salah satu solusi untuk mengatasi macet adalah memperbanyak perumahan di tengah kota, sehingga jarak antara tempat tinggal dan tempat kerja lebih dekat," ucap dia.

Selain itu, RK juga mengaku telah menerima pesan dari presiden terpilih, Prabowo Subianto agar memperbanyak hunian sosial di Jakarta jika dirinya terpilih menjadi gubernur.

"Pak Presiden Prabowo menitipkan pesan agar kita memperbanyak perumahan rakyat di tengah kota. Ini menjadi salah satu prioritas program penyelesaian masalah perumahan di Jakarta," kata RK.

Baca Juga: Panggilan Bang Buat Ridwan Kamil dari Demokrat Jakarta

2. Bangun apartemen di atas pasar hingga stasiun

Maju Pilkada DKI, Ridwan Kamil Ingin Bangun Apartemen di Atas PasarBakal Calon Gubenur DKI Jakarta, Ridwan Kamil menyambangi kantor DPD Demokrat DKI Jakarta (IDN Times/Ilman Nafi'an)

RK juga menyampaikan ide menarik lainnya, yaitu membangun apartemen di atas pasar. Dengan begitu masyarakat bisa tetap bekerja dan tinggal di Jakarta.

"Semua pasar di Jakarta, kalau bisa dalam lima tahun ke depan, tidak hanya berfungsi sebagai pasar saja. Bawahnya pasar, atasnya apartemen. Apartemen ini khusus untuk rakyat supaya jarak antara tempat tinggal dan tempat kerja menjadi lebih dekat," tutur dia.

Tidak hanya itu, dia juga mengaku sudah berkomunikasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk membuat kajian tentang pembangunan apartemen di atas stasiun.

"Saya sudah meminta PT KAI untuk melakukan studi agar semua stasiun di Jakarta memiliki apartemen di atasnya. Stasiun seperti Manggarai, Dukuh Atas, Tanah Abang, dan Juanda bisa menjadi lokasi potensial untuk proyek ini, mengingat mahalnya harga lahan di Jakarta," ujar dia.

RK bahkan memiliki ide lebih radikal, yaitu membangun apartemen di atas jalan.

"Saya punya ide gila yang belum pernah diterapkan di Indonesia: membangun apartemen di atas jalan. Jalan itu juga lahan, hanya bentuknya berbeda. Jika aturan mengizinkan, ini akan menjadi terobosan pertama di Indonesia," ujarnya dengan optimistis.

Baca Juga: Viral Jejak Digital Ridwan Kamil Sebut DPR Dewan Penipu Rakyat

3. RK juga akan buat program Satu Kecamatan, Satu Arsitek

Maju Pilkada DKI, Ridwan Kamil Ingin Bangun Apartemen di Atas PasarRidwan Kamil saat ditemui di Jakarta Convention Centre (JCC) 20 Agustus 2024. (IDN Times/Aryodamar)

RK juga mengungkapkan rencana program "Satu Kecamatan, Satu Arsitek" yang bertujuan untuk merapikan seluruh wilayah Jakarta, bukan hanya kawasan Sudirman-Thamrin.

"Saya ingin setiap kecamatan memiliki arsitek sendiri agar seluruh wilayah Jakarta terlihat rapi, tidak hanya Sudirman-Thamrin," kata RK.

Selain itu, dia juga akan mengadakan Car Free Day (CFD) di seluruh kecamatan di Jakarta. Tidak hanya CFD, RK juga berencana mengadakan Car Free Night (CFN), di mana akan diadakan bazar UMKM, dan hiburan rakyat seperti dangdutan.

"CFD dan CFN ini akan menjadi ajang berkumpul warga, menghidupkan ekonomi lokal, dan mempererat kebersamaan," ucapnya.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya