Mahfud Sebut Pergantian Pengurus PSSI Rekomendasi TGIPF Kanjuruhan

Mahfud pesan ke Erick baca rekomendasi TGIPF

Jakarta, IDN Times - Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum PSSI yang baru hasil dari Kongres Luar Biasa (KLB). Menteri Koordinasi Bidang Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, mengatakan pergantian pengurus PSSI itu merupakan hasil rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Peristiwa Kanjuruhan Malang.

"Saya mengucapkan selamat atas terpilihnya Pak Erick Thohir sebagai Ketum PSSI melalui Kongres Luar Biasa (MLB). Bahwa penggantian itu dilakukan melalui KLB sudah jelas hal itu karena Rekomendasi TGIPF yakni agar Pengurus PSSI diganti tanpa menunggu kongres biasa," tulis Mahfud dalam unggahannya di akun Instagram pribadi seperti dikutip IDN Times, Jumat (17/2/2023).

Baca Juga: Jadi Ketum PSSI, Zulhas Ucapkan Selamat pada Erick Thohir

1. Erick Thohir bisa baca dokumentasi TGIPF yang diserahkan kepada Presiden

Mahfud Sebut Pergantian Pengurus PSSI Rekomendasi TGIPF KanjuruhanErick Thohir tiba di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Kamis (16/2/2023). (IDN Times/Tino Satrio)

Mahfud berpesan kepada Erick Thohir untuk membaca dokumen TGIPF yang sudah diserahkan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Mahfud kemudian menyebut bahwa Erick Thohir merupakan seorang profesional yang sudah bergelut di bidang sepak bola. 

"Kita tahu Pak Erick Thohir adalah orang profesional di sepak bola, yang punya kecintaan dan impian tentang kemajuan PSSI. Dia sudah sangat mampu untuk membiayai dirinya sendiri mengurus PSSI tanpa harus korupsi," kata dia.

"Kita yakini dia tidak akan korupsi dan tidak akan membiarkan terjadinya pasar gelap dalam pertandingan-pertandingan sepakbola kita," sambungnya.

Baca Juga: Ikut KLB, Erick Thohir Duduk Bersama Kandidat Exco PSSI

2. Mahfud sebut semua rekomendasi TGIPF sudah dilaksanakan

Mahfud Sebut Pergantian Pengurus PSSI Rekomendasi TGIPF KanjuruhanMenko Polhukam, Mahfud MD (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Lebih lanjut, Mahfud menerangkan, semua rekomendasi TGIPF yang diserahkan kepada Presiden Jokowi sudah dilaksanakan.

"Ada yang bertanya, bagaimana dengan rekomendasi TGIPF lainnya? Lah, semua rekomendasi TGIPF sudah dilaksanakan, termasuk penegakan hukum, baik hukum tata pemerintahan naupun hukum pidana. Ada juga Peraturan Polri dalam pengamanan sepakbola yang sesuai dengan ketentuan FIFA," ujar dia.

Selain itu, rekomendasi untuk renovasi sejumlah stadion juga sudah mulai dilaksanakan. Renovasi berjalan secara bertahap.

"Kita harus ikut semua mekanisme yang telah diatur dan disepakati antara Pemerintah, PSSI, dan FIFA. Kalau mau-maunya sendiri juga takkan bisa," ujar dia.

3. Daftar pengurus PSSI yang dipimpin Erick Thohir

Mahfud Sebut Pergantian Pengurus PSSI Rekomendasi TGIPF KanjuruhanKepengurusan PSSI yang baru terbentuk dalam Kongres Luar Biasa 16 Februari 2023 (IDN Times / Tino Satrio)

Berikut pengurus PSSI hasil KLB 2023:

Ketua Umum PSSI: Erick Thohir

Wakil Ketua Umum 1 PSSI: Ratu Tisha Destria

Wakil Ketua Umum 2 PSSI: Zainudin Amali

Exco PSSI:

Eko Setiawan

Endri Erawan

Juni Rahman

Muhammad

Rudi Yulianto

Sumardji

Vivin Cahyani

Ahmad Riyadh

Arya Sinulingga

Hasnur Riyadi

Pieter Tanuri

Khaerul Anwar

 

Baca Juga: Jadi Ketum PSSI, Zulhas Ucapkan Selamat pada Erick Thohir

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya