KPK Belum Mau Ungkap Pemilik Jet Pribadi yang Beri Tebengan Kaesang

KPK masih membahas di internal

Intinya Sih...

  • KPK masih menahan identitas pemilik jet pribadi yang memberi tebengan kepada Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep.
  • Deputi Bidang Pencegahan KPK akan menganalisis klarifikasi Kaesang sebelum dilanjutkan penyelidikan lebih lanjut.

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menahan diri untuk mengungkap siapa pemilik jet pribadi yang memberi tebengan kepada Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep dalam perjalanan rute Jakarta-Amerika Serikat (AS) dan sebaliknya.

Deputi Bidang Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan mengatakan, identitas pemilik jet pribadi masih dalam ranah internal KPK.

"Ya sudah internal dulu, gua lihat dulu, kan lagi dikerjain," ujar Pahala di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (18/9/2024).

1. Akan dibahas bersama pimpinan

KPK Belum Mau Ungkap Pemilik Jet Pribadi yang Beri Tebengan KaesangDeputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan ketika memberikan keterangan pers soal laporan dugaan gratifikasi Kaesang Pangarep di gedung C1 KPK. (IDN Times/Santi Dewi)

Pahala menjelaskan, Deputi Bidang Pencegahan akan menganalisis terlebih dahulu klarifikasi Kaesang Pangarep. Menurutnya, klarifikasi tersebut akan diserahkan ke pimpinan KPK akan dilanjutkan penyelidikan atau tidak.

Terkait siapa saja yang ada di dalam pesawat, kata Pahala, KPK baru menerima keterangan awal yang disampaikan oleh Kaesang.

"Yang lapor kan dianya (Kaesang), kan empat orang (di dalam pesawat), itu disebut empat orang. Soal siapanya di situ gak tahu, saya gak ngerti tujuannya ke mana, belok ke mana, belum sedetail itu, tapi yang jelas dia bilang nebeng, nanti saya tanya nebeng ke siapa, ya pasti akan kita tanya," tutur dia.

"Tapi ini internal nanti kita bawa ke pimpinan untuk mutusin jadi kayak apa sih, apakah terus. Jadi, saya juga gak tahu kayak apa juga, kan kayak kita pencegahan aja, tidak bisa menetapkan, kan gitu ya. Jadi, kalau ada yang lain-lain di internal KPK lah, ya," sambungnya.

Baca Juga: KPK Pelajari Klarifikasi Kaesang soal Penggunaan Jet Pribadi

2. Pahala sempat sebut pemilik pesawat jet pribadi berinisial Y

KPK Belum Mau Ungkap Pemilik Jet Pribadi yang Beri Tebengan KaesangDeputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan ketika memberikan keterangan pers soal laporan dugaan gratifikasi Kaesang Pangarep di gedung C1 KPK. (IDN Times/Santi Dewi)

Pahala sebelumnya sempat menyebut pemilik pesawat jet pribadi yang ditumpangi Kaesang dan istrinya, Erina Gudono berinisial Y.

"Inisialnya Y kalau gak salah. Tapi kami gak tahu apakah yang ditulis benar nama lengkap. Apakah dia WNI atau WNA. Pesawatnya punya siapa, nanti kami konfirmasi kembali," ujar Pahala di gedung KPK, Rabu (18/9/2024).

3. Kaesang mengaku hanya nebeng pakai pesawat jet pribadi

KPK Belum Mau Ungkap Pemilik Jet Pribadi yang Beri Tebengan KaesangKaesang Pangarep hadir di kantor KPK. (dok. IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Kaesang hadir di KPK untuk mengklarifikasi mengenai perjalanannya ke AS dengan jet pribadi pada 18 Agustus 2024 lalu.

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah. Nebeng pesawatnya teman saya," kata Kaesang di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Dia menjelaskan, kedatangannya sebagai warga negara yang baik dan untuk menegaskan statusnya bukan penyelenggara negara atau pejabat. Kaesang mengatakan, kedatangannya ke kantor lembaga antirasuah itu adalah inisiatifnya sendiri.

Baca Juga: Kaesang Pangarep Hadir di KPK, Jelaskan Penggunaan Jet Pribadi

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya