Komarudin: Keanggotaan Gibran di PDI Perjuangan Telah Berakhir

"Ke luar, pindah, berhenti dan beralih itu hal yang biasa."

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, resmi mendaftar sebagai calon wakil presiden (cawapres) ke KPU untuk mendampingi Prabowo Subianto dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun, mengatakan secara de facto Gibran telah keluar dari PDI Perjuangan.

"Secara de facto, keanggotaan Gibran di PDI Perjuangan telah berakhir setelah pendaftarannya secara resmi menjadi Cawapres dari KIM. Jadi, teman-teman wartawan santai saja. Tidak perlu heboh. Dalam organisasi partai, keluar, pindah, berhenti dan beralih itu hal yang biasa," ujar Komarudin dalam keterangannya, Kamis (26/10/2023).

"Bahwa saat ini Gibran tidak tegak lurus dengan instruksi partai, maka dia otomatis tidak lagi di PDI Perjuangan. Tapi ingat, keluar satu kader, ada banyak kader-kader partai baru yang potensial bergabung dengan Partai dan TPN Ganjar-Mahfud,” sambungnya.

Komarudin mengatakan dalam pertemuannya dengan Gibran pada 19 Mei 2023, sempat memberinya nasihat untuk tegak lurus dengan keputusan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Sebab, PDIP sudah memutuskan mengusung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

“Saat itu, sebagai kader yang yunior, kami tidak menjatuhkan sanksi. Kami berikan nasihat untuk patuh pada aturan Partai. Saat itu Gibran menyampaikan terima kasih atas nasihatnya dan sebagai kader muda berjanji akan tetap tegak lurus sesuai arahan ibu Ketua Umum,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang telah mendaftar ke KPU, sebagai calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Puan mengatakan, Gibran belum mengundurkan diri sebagai kader PDIP.

"Gak ada pengunduran diri dan kami juga melihat bahwa hanya kata selamat yang bisa saya sampaikan kepada Mas Gibran, sudah gitu saja," ujar Puan di Gedung High End, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: Puan Tegaskan Gibran Masih Kader PDIP, Walau Jadi Cawapres Prabowo

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya