Kode Jokowi Reshuffle Usai 2 Menteri Mundur di Ujung Masa Jabatan

Pramono dan Risma mundur karena maju Pilkada  2024

Jakarta, IDN Times - Dua menteri di Kabinet Indonesia Maju mengundurkan diri di penghujung pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Keduanya adalah Pramono Anung mundur sebagai Sekretaris Kabinet, dan Tri Rismaharini melepas jabatan Menteri Sosial.

Pramono dan Risma mundur karena maju di Pilkada serentak 2024. Pramono maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta. Sementara, Risma maju menjadi bakal calon gubernur Jawa Timur. Keduanya merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP).

Presiden Jokowi mengaku sudah menandatangi surat pengunduran diri Risma.

"Sudah, sudah mengajukan pengunduran diri dan sudah saya tandatangani pengunduran dirinya," ujar Jokowi dalam keterangannya yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden di Surabaya, Jumat (6/9/2024).

1. Jokowi tunjuk Muhadjir jadi Plt Menteri Sosial

Kode Jokowi Reshuffle Usai 2 Menteri Mundur di Ujung Masa JabatanMenteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Presiden Jokowi juga sudah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Sosial.

"Presiden menunjuk Bapak Muhadjir Effendy, Menko PMK, sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang dan Tanggungjawab Mensos sampai diangkatnya Mensos definitif," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, dalam keterangannya, Jumat (6/9/2024).

Mundurnya Risma juga sudah tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 100/P tahun 2024. Keppres tersebut berisi tentang pemberhentian dengan hormat, Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, disertai ucapan terima kasih atas pengabdian serta jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut.

"Keppres tesebut merupakan tindak lanjut dari permohonan pengunduran diri Ibu Tri Rismaharini sebagai Mensos yang telah disetujui oleh Bapak Presiden. Permohonan prngunduran diri Ibu Tri Rismaharini terkait pencalonan dan pendaftaran yang bersangkutan sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur," kata Ari.

Baca Juga: Reshuffle Menkumham Diduga Berkaitan dengan Revisi UU Pilkada di DPR

2. Jokowi belum menandatangani surat pengunduran diri Pramono

Kode Jokowi Reshuffle Usai 2 Menteri Mundur di Ujung Masa JabatanPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung bersiap memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/8/2024). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sementara, Presiden Jokowi menandatangani surat pengunduran diri Pramono Anung. Ari Dwi Payanan menerangkan, Pramono baru akan melepas jabatannya pada 22 September 2024.

"Bapak Presiden telah menerima surat dari Bapak Pramono Anung tertanggal 2 September 2024, yang isinya menyampaikan permohonan pengunduran diri dari jabatan Sekretaris Kabinet terhitung mulai tanggal 22 September 2024," ujar Ari dalam keterangannya, Jumat (6/9/2024).

Oleh karena itu, Presiden Jokowi saat ini belum menandatangani surat pengunduran diri Pramono Anung.

"Maka, Keppres pemberhentian sebagai Seskab akan ditandatangani oleh Bapak Presiden menyesuaikan dengan permohonan dari Bapak Pramono Anung," kata dia.

Baca Juga: Pramono-Risma Mundur, Jokowi Beri Sinyal Ada Reshuffle Kabinet

3. Jokowi beri sinyal akan lakukan reshuffle di akhir masa jabatannya

Kode Jokowi Reshuffle Usai 2 Menteri Mundur di Ujung Masa Jabatanilustrasi reshuffle menteri (IDN Times/Muhammad Surya)

Presiden Jokowi mengaku sedang mempersiapkan pengganti Risma dan Pramono Anung.

"Penggantinya nanti sebentar lagi," ujar Jokowi di Sidoarjo, Jumat (6/9/20240).

Jokowi memberi sinyal dalam waktu dekat akan ada reshuffle kabinet.

"Ya, bisa (reshuffle)," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya