Kenapa Presiden Jokowi Ajak Influencer ke IKN?

Istana merasa warga penasaran terhadap IKN

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengajak artis dan influencer dalam kunjungan kerjanya ke Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Minggu (28/7/2024). Kebijakan Jokowi mengajak mereka, tentunya mengundang pertanyaan dari publik "Kenapa presiden Jokowi ajak influencer ke IKN?".

Staf Khusus Presiden, Grace Natalie, mengatakan alasan Presiden Jokowi mengajak influencer ke IKN merupakan bagian dari transparansi ke publik. Diharapkan, mereka bisa menyebarluaskan kondisi terkini IKN, yang terus dibangun.

"Terkait kehadiran para influencer di IKN bersama Presiden Jokowi beberapa hari lalu, saya ingin menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk transparansi ke publik. Sudah banyak masyarakat yang penasaran dengan IKN," ujar Grace dalam keterangannya, dikutip Rabu (31/7/2024).

1. Jokowi mau undang tokoh masyarakat ke IKN

Kenapa Presiden Jokowi Ajak Influencer ke IKN?Presiden Jokowi mengajak artis hingga influencer meresmikan jembatan Pulau Balang, Penajam Paser, Kalimantan Timur (dok. Sekretariat Presiden)

Grace menyampaikan, Presiden Jokowi juga nantinya akan mengundang sejumlah tokoh masyarakat yang ada di sekitar IKN untuk berkunjung. Menurutnya, kedatangan masyarakat harus bergantian karena masih dalam proyek pembangunan.

"Selain penggiat media sosial, selanjutnya akan diundang juga pimpinan media, perwakilan tokoh masyarakat lokal, dan ormas, agar bisa menyaksikan sendiri pembangunan IKN, selanjutnya menyampaikan informasi yang benar ke komunitasnya masing-masing," kata dia.

Baca Juga: Dua Hari Jokowi Berkantor di IKN: Rapat hingga Tinjau Hotel Nusantara

2. Pembangunan IKN tak terburu-buru

Kenapa Presiden Jokowi Ajak Influencer ke IKN?Potret Presiden Jokowi berkantor di Istana Presiden IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Grace menegaskan, pembangunan IKN tak terburu-buru, karena merupakan proyek jangka panjang. Dia juga meminta agar masyarakat bisa lebih kritis ketika menyikapi sejumlah berita yang beredar mengenai IKN.

"Kalau tidak melihat sendiri, dengan mudah masyarakat terkecoh dengan opini pembangunan IKN sembarangan dan tergesa-gesa. Padahal, pembangunan IKN sama sekali tidak terburu-buru. IKN merupakan proyek jangka panjang, yang terbagi dalam lima fase hingga 2045 nanti. Saat ini, kita berada di fase pertama. Pada fase ini (2022-2024) tingkat penyelesaiannya sudah di atas 80 persen. Jadi semuanya on the track, sesuai jadwal, tidak ada yang tergesa-gesa," kata Grace

3. Jokowi ajak Raffi Ahmad motoran tinjau Tol IKN

Kenapa Presiden Jokowi Ajak Influencer ke IKN?Presiden Jokowi ajak artis dan influencer naik motor tinjau Tol IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Pada Minggu (28/7/2024), Presiden Jokowi mengajak Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Irwansyah, Zaskia Sungkar, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Sintya Marisca, Ferry Maryadi, Gading Marten, Poppy Sovia, Willie Salim, Meicy Villia, hingga Dian Ayu Lestari, meninjau progres pembangunan Tol IKN. Menurut Jokowi, meninjau menggunakan sepeda motor akan langsung terasa kontur jalannya masih kurang baik atau tidak.

"Ya, tadi mencoba jalan itu paling gampang kalau kami naik sepeda motor. Ada gini sedikit saja, akan terasa. Dan, tadi saya mengajak beliau-beliau ini semuanya naik motor merasakan jalan tol menuju IKN," ujar Jokowi di kawasan IKN, Minggu (28/7/2024).

Baca Juga: Penampakan Ruang Kerja dan Kamar Tidur Jokowi di Istana Garuda IKN

Topik:

  • Satria Permana
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya