Kantor Presiden Selesai Dibangun, Jokowi Bersiap Berkantor di IKN

Jokowi disebut akan gelar sidang kabinet di IKN

Intinya Sih...

  • Kementerian PUPR menyelesaikan pembangunan Kantor Presiden di IKN Nusantara, dengan pemasangan bilah terakhir.
  • Presiden Jokowi akan meresmikan tol dan meninjau IKN, serta menggelar Sidang Kabinet Indonesia Maju di sana.
  • Jokowi menunda untuk berkantor di IKN akhir Juli 2024 karena kondisi cuaca, proyek IKN direncanakan selesai dalam 15-20 tahun.

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pemasangan bilah terakhir dan tertinggi (topping off) di sayap barat Selubung Garuda kantor presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Topping off di Sayap Barat Selubung Garuda telah dituntaskan dengan pemasangan bilah ke 4.650," tulis akun Instagram resmi Kementerian PUPR, dikutip Senin (22/7/2024).

Artinya, proses pembangunan Kantor Presiden di IKN sudah selesai dikerjakan. Sekretariat Presiden juga sudah melakukan pengadaan barang-barang untuk mengisi Kantor Presiden di IKN.

"Rencana tanggal 28 (Juli) Beliau (Jokowi) akan meresmikan tol dan meninjau (IKN). Kami bersama PUPR dan Sekretariat Presiden mempersiapkan segala kebutuhan Bapak Presiden untuk berkantor di IKN," ujar Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Heru mengatakan, Sekretariat Presiden masih memproses pengadaan barang untuk kantor Presiden di IKN.

"Sedang berjalan, kantor Presiden kita persiapkan kursi-kursi yang dibutuhkan. Saya selaku Kasetpres bersama rekan-rekan pejabat Setpres, mulai hari ini terus tanggal 25 mengisi terus kebutuhan furnitur yang memang harus disiapkan untuk Bapak Presiden," ujar Heru.

Baca Juga: Istana Bersiap Jokowi Sidang Kabinet di IKN Akhir Juli 2024

1. Istana juga bersiap Jokowi akan sidang kabinet di IKN

Kantor Presiden Selesai Dibangun, Jokowi Bersiap Berkantor di IKNPresiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afganistan di Lanud TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7/2024) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Presiden Jokowi juga disebut akan menggelar Sidang Kabinet Indonesia Maju di IKN. Meski demikian, Heru tak mau memberikan penjelasan rinci.

Dia mengaku fokus mempersiapkan kebutuhan kantor Presiden di IKN. Terlebih, pembangunan kantor Presiden di IKN selesai dikerjakan.

"Ada sidang kabinet atau tidak, kami Sekretariat Presiden bersama PUPR mempersiapkan segala sesuatu untuk menyiapkan kebutuhan kantor di sana," kata dia.

2. Jokowi akan hadir doa bersama di IKN pada 1 Agustus 2024

Kantor Presiden Selesai Dibangun, Jokowi Bersiap Berkantor di IKNPresiden Jokowi meninjau posyandu di Cipete, Jakarta Selatan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Heru menyampaikan, Presiden Jokowi juga akan hadir dalam acara doa bersama di IKN pada 1 Agustus 2024.

"Zikir (kebangsaan) di Jakarta, tapi nanti ada istilahnya doa untuk di IKN juga Bapak Presiden akan di sana," imbuhnya.

3. Jokowi sempat sampaikan menunda berkantor di IKN Juli 2024

Kantor Presiden Selesai Dibangun, Jokowi Bersiap Berkantor di IKNPresiden Jokowi dalam Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024 dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award di Istana Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi pada pertengahan Juli 2024, sempat menyatakan menunda untuk berkantor di IKN akhir Juli 2024. Penundaan tersebut disebabkan oleh kondisi cuaca di lokasi proyek, di mana hujan deras yang terjadi setiap hari mengakibatkan mundurnya banyak pekerjaan.

“Ya melihat itu tadi, kesiapan itu. Kalau itu siap, kemarin memang targetnya kan Juli, tetapi kan lihat ke IKN, tiap hari hujan terus, hujan deras banget,” kata Jokowi dalam keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Selasa (16/7/2024).

4. Progres pembangunan IKN

Kantor Presiden Selesai Dibangun, Jokowi Bersiap Berkantor di IKNDesain Istana Kepresidenan di IKN dan Ikoniknya Garuda (Dok. Laman Kemenparekraf RI)

Jokowi menekankan, penundaan tersebut merupakan hal biasa dalam proyek besar, apalagi IKN adalah sebuah mimpi besar yang direncanakan untuk jangka panjang, dengan target penyelesaian antara 15 hingga 20 tahun.

“Itu biasa dalam proyek besar, dan IKN itu kan bukan dibangun 2 tahun, 3 tahun. Ini sebuah mimpi besar jangka panjang, proyek jangka panjang, mungkin 15-20 tahun,” ujar dia.

Dia mengingatkan, proyek IKN tidak akan selesai dalam waktu singkat, dan masyarakat diharapkan untuk tidak membayangkan semuanya akan rampung pada saat peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus nanti.

Hingga saat ini, Jokowi memperkirakan baru sekitar 15 persen dari keseluruhan proyek yang akan selesai pada tanggal tersebut.

“Jadi jangan membayangkan kita upacara 17 Agustus itu sudah jadi semuanya. Tidak seperti itu, banyak yang baru menurut saya. Paling nanti 17 Agustus itu paling dihitung semuanya secara keseluruhan mungkin ya 15 persen,” tuturnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya