Kampanyekan Semua Bisa Haji, BPKH Buat Lomba Karya Jurnalistik 2024

Total hadiah Rp180 juta

Jakarta, IDN Times - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar Anugerah Jurnalistik BPKH 2024, sebuah kompetisi prestisius yang ditujukan bagi jurnalis, fotografer, dan sineas di seluruh Indonesia. Anugerah Jurnalistik BPKH 2024 digelar salah satunya sebagai rangkaian peringatan milad ke-7 BPKH, yang akan berlangsung pada 12 Desember 2024.

Sekretaris Badan BPKH, Ahmad Zaky, mengatakan ada tiga kategori utama dihadirkan dalam Anugerah Jurnalistik BPKH 2024, yaitu Jurnalisme Feature, Fotografi Jurnalistik, dan Film Pendek.

Tema besar yang diangkat adalah "Perjalanan 7 Tahun BPKH Menjaga Amanah, Melayani Jemaah Haji Indonesia," dengan subtema "Peran BPKH dalam Ekosistem Haji Indonesia" dan "Semua Bisa Haji."

"Anugerah Jurnalistik BPKH 2024 merupakan penyelenggaraan yang pertama, dan kami berharap ini dapat berlanjut terus dalam rangka mengapresiasi tugas para teman-teman jurnalis, dalam mengabarkan kabar haji terkini yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan umat Islam di seluruh Indonesia," ujar Zaky dalam konferensi pers di kantor BPKH, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Baca Juga: BPKH Limited Mulai Kelola Hotel di Makkah untuk Jemaah Haji dan Umrah

1. Diharapkan bisa mengangkat cerita-cerita inspiratif

Kampanyekan Semua Bisa Haji, BPKH Buat Lomba Karya Jurnalistik 2024Konferensi pers BPKH gelar lomba karya jurnalistik 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara, Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah, mengatakan melalui kompetisi ini, jurnalis, fotografer, dan sineas diharapkan bisa mengekspresikan kreativitas mereka dalam mengangkat cerita-cerita inspiratif terkait perjuangan haji. Fadlul juga menegaskan pentingnya kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan dana haji yang transparan dan profesional.

"Kompetisi ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan dana haji yang transparan dan profesional, serta mengangkat cerita-cerita inspiratif dari pejuang haji di luar sana yang berjuang menyempurnakan rukun Islam kelima ini," kata Fadlul.

Baca Juga: BPKH Tunggu Kesepakatan Kemenag dan DPR soal Fatwa MUI Biaya Haji

2. Pendaftaran dibuka mulai 3 September hingga 31 Oktober 2024

Kampanyekan Semua Bisa Haji, BPKH Buat Lomba Karya Jurnalistik 2024Konferensi pers BPKH gelar lomba karya jurnalistik 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Pendaftaran Anugerah Jurnalistik BPKH 2024 telah dibuka mulai 3 September hingga 31 Oktober 2024. Peserta dapat mengirimkan karya mereka melalui link pendaftaran http://bit.ly/BPKHAJ2024.

Informasi lengkap seputar Anugerah Jurnalistik BPKH 2024 dapat diakses melalui https://bit.ly/AJBPKH2024_handbook. Pemenang setiap kategori akan diumumkan pada 12 Desember 2024, bersamaan dengan perayaan milad ke-7 BPKH.

3. Total hadiah hingga Rp180 juta

Kampanyekan Semua Bisa Haji, BPKH Buat Lomba Karya Jurnalistik 2024Konferensi pers BPKH gelar lomba karya jurnalistik 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

BPKH menyediakan total hadiah Rp180 juta sebagai bentuk penghargaan bagi pemenang dari setiap kategori.

Kompetisi ini diharapkan dapat menjadi ajang bergengsi yang mampu memacu semangat para jurnalis dan sineas, dalam mengangkat topik-topik yang relevan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya