Kaesang Dicari KPK, Mantan Ketum PSI Ngaku Tak Tahu Keberadaannya

Kaesang dicari KPK terkait penggunaan jet pribadi

Intinya Sih...

  • Mantan Ketua Umum PSI, Grace Natalie tak tahu keberadaan Kaesang Pangarep.
  • Grace enggan mengomentari penggunaan jet pribadi oleh Kaesang dan istrinya, Erina Gudono.
  • Sekjen PSI, Raja Juli Antoni menyatakan Kaesang sudah ada di Indonesia sejak 28 Agustus 2024 pagi hari.

Jakarta, IDN Times - Mantan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie mengaku tak tahu keberadaan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep. Grace mengaku tak memantau keseharian Kaesang berada di mana.

Sebab, Grace mengaku sudah tak lagi berada di struktur kepengurusan PSI. Kini, Grace sudah menjadi Staf Khusus Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Saya sudah gak di struktur (PSI). Jadi gak mantau hari-hari, dicek dulu, ntar salah lagi informasi dari saya," ujar Grace di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Grace juga enggan mengomentari Kaesang dan istrinya, Erina Gudono yang menggunakan jet pribadi ke Amerika Serikat.

"Mendingan tanya beliaunya langsung, kan aku sudah gak di struktur (PSI)," kata dia.

1. Kaesang disebut sudah ada di Jakarta pada 28 Agustus 2024

Kaesang Dicari KPK, Mantan Ketum PSI Ngaku Tak Tahu KeberadaannyaKaesang maju pilkada? (IDN Times/Besse FadhilahANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Sementara itu, Sekjen PSI, Raja Juli Antoni angkat bicara mengenai keberadaan ketua umummya, Kaesang Pangarep yang tengah dibidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan gratifikasi. Hal itu buntut penggunaan pesawat jet pribadi saat Kaesang melakukan perjalanan ke Amerika Serikat (AS).

Raja Juli mengatakan, Kaesang sudah ada di Indonesia sejak 28 Agustus 2024 pagi hari. Kemudian, pada siang harinya, Kaesang juga sempat memimpin rapat di DPP PSI.

"Mas Kaesang Pangarep sudah berada di Jakarta sejak 28 Agustus 2024, pagi hari. Siangnya setelah salat zuhur, Mas Kaesang langsung bergabung di DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim No 194, Tanah Abang, Jakarta Pusat," kata Raja Juli dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Baca Juga: Menanti Kaesang di Gedung Merah Putih

2. Raja Juli klaim Kaesang hampir ngantor tiap hari di PSI

Kaesang Dicari KPK, Mantan Ketum PSI Ngaku Tak Tahu KeberadaannyaKetua Umum PSI, Kaesang Pangarep (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Raja Juli mengatakan, sejak tiba di Indonesia pada 28 Agustus 2024 itu, Kaesang hampir setiap hari berkantor di DPP PSI. Dia mengatakan, Kaesang selalu berkantor apabila tidak agenda mendesak di luar kota. 

"Bila tidak keluar kota, sore atau malam setelah jam kantor," ujar dia.

Raja Juli mengaku hampir selalu bertemu dengan Kaesang berdiskusi mengenai persiapan Pilkada 2024.

"Saya secara pribadi selalu bertemu dengan Mas Kaesang, berdiskusi tentang persiapan Pilkada 2024," tutur dia.

Baca Juga: Ketua KPK Tegaskan Kaesang Bisa Diusut Meski Bukan Pejabat Negara

3. KPK bakal panggil Kaesang meski bukan pejabat negara

Kaesang Dicari KPK, Mantan Ketum PSI Ngaku Tak Tahu KeberadaannyaKetua KPK Nawawi Pomolango tegaskan KPK tetap jadwalkan pemeriksaan ke Kaesang meski bukan pejabat publik. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, KPK menyatakan tetap menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kaesang Pangarep, terkait dugaan gratifikasi pemakaian pesawat jet pribadi saat berkunjung ke AS.

Ketua KPK, Nawawi Pomolango, mengatakan, Direktorat Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) sudah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kaesang.

Nawawi juga menyebut KPK tetap memiliki kewenangan meminta klarifikasi terhadap Kaesang, meskipun banyak anggapan Ketua Umum PSI itu bukan merupakan pejabat negara.

"Kaesang kan gak bisa dianggap secara personal semua publik mengetahui bahwa Kaesang bisa dilanjutin gitu kan dan dipahami. Jadi kaitannya ke situ gitu. KPK punya kewenangan untuk mengurusi hal-hal yang seperti itu," kata dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya