Jokowi Undang Ribuan Orang ke IKN saat HUT RI, Nginap di Mana?

Kantor Kemenko difungsikan jadi tempat menginap

Intinya Sih...

  • Istana Kepresidenan pastikan peringatan HUT ke-79 RI digelar di IKN dan DKI Jakarta. 
  • Kantor Kemenko difungsikan menjadi tempat menginap peserta dan petugas upacara dengan progres lebih dari 80 persen. 
  • Bandara IKN belum bisa digunakan pada perayaan HUT ke-79 RI karena runway masih kurang 300 meter. 

Jakarta, IDN Times - Istana Kepresidenan memastikan penyelenggaran peringatan HUT ke-79 RI digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan DKI Jakarta. Sejumlah persiapan pun terus dilakukan untuk itu.

Istana Kepresidenan juga mengundang ribuan peserta dan petugas upacara di IKN. Menteri PUPR menjelaskan ada sejumlah tempat yang disiapkan untuk tempat menginap peserta.

"Ada 4 kantor Kemenko, masing-masing ada 4 tower, jadi ada 16 tower di sana, progresnya lebih dari 80 persen. Kemenko 1 akan dimanfaatkan (selesai) 1 tower, Kemenko 2 selesai 1 tower dalam rangka 17 Agustus, ini semua akhir 2024 sampai september nanti, Kemenko 3 ada 2 tower yang akan selesai sebelum 17 Agustus ini dan kemenko 4, 3 tower," ujar Basuki dalam konferensi pers di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

"Masing-masing tower yang berfungsi tadi, semua ada 2-3 lantai untuk menampung ASN dan petugas upacara," sambungnya.

Baca Juga: Detail Rangkaian Acara Perayaan HUT ke-79 RI di IKN dan Jakarta

1. Pengaturan tempat menginap oleh Kementerian Sekretariat Negara

Jokowi Undang Ribuan Orang ke IKN saat HUT RI, Nginap di Mana?Konferensi pers Bulan Kemerdekaan 2024 di Kementrian Sekretariat Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Basuki mengatakan, pengaturan tempat menginap peserta dan petugas upacara dilakukan oleh Kementerian Sekretariat Negara.

"Untuk tamu dan peserta upacara, jadi hunian ASN, rumah menteri semua diatur langsung oleh Setneg pemanfaatannya untuk 17 Agustus 2024," kata dia.

Berdasarkan paparan Basuki, ada 14 rumah dinas menteri, 14 hunian ASN dan 7 tower kantor kementerian koordinator yang akan dimanfaatkan menjadi tempat menginap peserta dan petugas upacara HUT ke-79 RI.

2. Bandara IKN belum selesai dibangun hingga 17 Agustus 2024

Jokowi Undang Ribuan Orang ke IKN saat HUT RI, Nginap di Mana?Kondisi terkini pembangunan Bandara IKN (dok. BKIP Kemenhub)

Dalam kesempatan itu, Basuki memastikan Bandara IKN belum bisa digunakan pada perayaan HUT ke-79 RI. Menurutnya, run way di Bandara IKN masih kurang 300 meter.

"Untuk akses menuju ke IKN, karena tamu-tamu dari Jakarta, mohon maaf karena bandara kita di IKN masih kurang 300 meter lagi, untuk 2.200," ujar Basuki di Kementerian Sekretariat Negara, ujar dia.

"Target kami waktu itu 2.200 meter sampai dengan 17 Agustus, tapi karena kondisi hujan, waktu yang lalu sekarang ini 24 jam kami kawal dengan TMC. Sehingga alhamdulillah kami 2 minggu di sana gak hujan," sambungnya.

Baca Juga: Istana Undang SBY dan Megawati Hadir HUT ke-79 RI di IKN

3. Basuki beberkan akses ke lokasi perayaan HUT ke-79 RI

Jokowi Undang Ribuan Orang ke IKN saat HUT RI, Nginap di Mana?Konferensi pers Bulan Kemerdekaan 2024 di Kementrian Sekretariat Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Basuki kemudian menjelaskan skema akses ke lokasi Istana Negara yang menjadi tempat upacara HUT ke-79 RI. Basuki mengatakan, apabila menggunakan pesawat turun di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

"Dari (Bandara) Sams Sepinggan, pertama melalui jalan tol yang insyaAllah sudah siap, kemarin juga sudah ditinjau oleh Bapak Presiden dan kita semua naik motor di sana, itu sampai dengan jembatan Pulau Balang kemudian menuju ke IKN melalui jalan nasional, panjangnya kalau melalui jalan tolnya 88 km, dapat ditempuh sekitar 90 menit," ucap dia.

Kedua, kata Basuki, bisa melalui Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), keluar di Km 38 kemudian menuju jalan nasional samboja.

"Dengan waktu tempuh sekitar 150 menit, hampir dua jam," kata dia.

Baca Juga: Jokowi soal Sidang Kabinet di IKN: Tunggu Komplet Semuanya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya