Jokowi soal Tudingan Jegal Anies di Pilkada Jabar: Apa Urusannya?

Jokowi tegaskan bukan ketua umum partai politik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo buka suara terkait pernyataan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat (Jabar) Ono Surono yang menyebut Anies Baswedan batal maju di Pilkada Jabar karena dijegal Mulyono dan geng. Jokowi heran dengan tudingan itu.

"Saya kan ditudang-tuding, kan banyak banget, tidak hanya itu saja, dituding menjegal, dituding menghambat, dituding," ujar Jokowi di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, Jumat (30/8/2024).

Tudingan itu dialamatkan kepada Jokowi karena nama Mulyono yang disebut Ono. Mulyono adalah nama lahir Presiden Jokowi. Nama itu diganti menjadi Joko Widodo karena Jokowi sering sakit saat kecil. 

Jokowi tak habis pikir dengan tudingan itu karena merasa tak punya kuasa. Jokowi menegaskan, dirinya bukan ketua umum partai politik, sehingga tak bisa mencalonkan atau mencegah seseorang maju di pilkada.

"Kan itu urusan partai politik, mau mencalonkan dan tidak mencalonkan itu urusan koalisi, urusan partai politik, ada mekanisme, ada proses di situ, saya bukan ketua partai, saya juga bukan pemilik partai, supaya tahu semua, apa urusannya?" kata dia.

Sebelumnya, Ono tidak bisa menyampaikan secara spesifik soal cara-cara penjegalan oleh pihak yang tidak menginginkan Anies maju di Pilkada. Menurutnya, penjegalan Anies sudah terjadi di Pilkada DKI Jakarta.

"Tidak secara spesifik saya sampaikan tapi kan sudah kita bisa lihat, pahami Pak Anies dijegal di DKI ya, dan ini juga terjadi di Jawa Barat, teman-teman bisa menafsirkan sendiri dan bentuknya seperti apa," katanya.

Saat disinggung mengenai siapa sosok yang mencoba menjegal Anies di Pilkada 2024, Ono tidak menjawab secara gamblang. Dia memastikan hal ini ulah dari Mulyono.

"(Anies dijegal siapa?) Mulyono dan geng," ucapnya.

Baca Juga: Mulyono Disebut Ganjal Anies di Jabar, Istana: Jangan Kaitkan Presiden

Baca Juga: Mulyono Nama Lahir Jokowi yang Diubah karena Sakit, Viral di X

Baca Juga: Anies Tak Jadi Maju di Pilgub Jabar, Ono Surono: Ada Upaya Penjegalan

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya