Jokowi soal Keppres IKN: Pindah Rumah Saja Ribet, Apalagi Ibu Kota

Jokowi akui pindah ibu kota tak mudah

Intinya Sih...

  • Jokowi belum pastikan kapan Keppres pemindahan IKN ditandatangani.
  • Proses pemindahan ibu kota tidak mudah, perlu melihat kesiapan di lapangan.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo belum bisa memastikan kapan Keputusan Presiden (Keppres) pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) ditandatangani. Menurutnya, pemerintah masih melihat kondisi di lapangan.

"Nanti kita lihat karena itu menyangkut bukan administrasi saja, bukan masalah keppresnya atau perpresnya, tetapi proses di lapangan juga harus kita lihat, kesiapan di lapangan harus dilihat," ujar Jokowi di IKN dalam pernyataannya yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/8/2024).

1. Keppres baru muncul ketika sudah benar-benar siap pindah

Jokowi soal Keppres IKN: Pindah Rumah Saja Ribet, Apalagi Ibu KotaPresiden Jokowi menunjukkan meja kerjanya di Istana Garuda IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan, Keppres baru muncul ketika sudah benar-benar siap pindah ke IKN. Menurutnya, berpindah ibu kota tidak mudah.

"PIndah rumah saja kan kita waduh ribetnya, ini pindah ibu kota, jangan menggampangkan," ujar Jokowi.

Baca Juga: ASN Berkeluarga Pindah ke IKN Tidak Akan Sharing Apartemen

2. Prabowo komitmen lanjutkan pembangunan IKN

Jokowi soal Keppres IKN: Pindah Rumah Saja Ribet, Apalagi Ibu KotaPotret Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto meninjau proyek di IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Prabowo menegaskan dirinya akan melanjutkan proyek IKN saat menjadi presiden.

"Saya kira sudah berkali-kali saya sampaikan bahwa saya bertekad untuk melanjutkan kalau bisa menyelesaikan ya. Pak Jokowi saya kira sudah mengambil peran sejarah beliau yang inisiasi, minimal saya lanjutkan, kalau bisa saya ikut yang menyelesaikan," tutur Prabowo.

Baca Juga: Jokowi Sebut Proyek IKN Sudah Kantongi Investasi Rp56,2 Triliun

3. Prabowo akui proyek IKN tak bisa dikerjakan dengan cepat

Jokowi soal Keppres IKN: Pindah Rumah Saja Ribet, Apalagi Ibu KotaPotret Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto meninjau proyek di IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Meski demikian, Prabowo mengakui proyek IKN tak bisa dikerjakan dengan cepat. Namun, Prabowo percaya, tiga hingga lima tahun ke depan, ekosistem di IKN bisa berjalan.

"Ini saya bukan orang teknik, tapi saya empiris, saya juga orang lapangan, saya juga banyak membangun, saya kira kalau kita lihat, optimis ya dan nanti akan kelihatan betapa manfaat daripada pemindahan ini walaupun nanti tentunya banyak yang masih harus kita kerjakan," papar Prabowo.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya