Jokowi Sebut Progres IKN Baru 15 Persen, Istana: Ini Proyek Besar

Grace Natalie sebut IKN proyek jangka panjang

Intinya Sih...

  • IKN merupakan proyek jangka panjang, pembangunan dilakukan beberapa tahap.
  • Luas IKN lebih besar dari Jakarta, fase pertama targetkan sejumlah bangunan penting.
  • Penundaan berkantor di IKN karena cuaca dan proyek ini direncanakan selesai 15-20 tahun.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo sempat menyebut progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) masih 15 persen. Staf Khusus Presiden Jokowi, Grace Natalie, menjelaskan, IKN merupakan proyek besar yang pembangunannya dilakukan beberapa tahap.

"IKN ini kan program jangka panjang, bisa 15-20 tahun, saat ini merupakan fase pertama (2022-2024)," ujar Grace kepada jurnalis, Rabu (17/7/2024).

Baca Juga: Jokowi Bertemu Presiden MBZ di Abu Dhabi, Bahas Empat Isu

1. Luas IKN disebut lebih besar dari Jakarta

Jokowi Sebut Progres IKN Baru 15 Persen, Istana: Ini Proyek BesarWakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie (dok. PSI)

Grace mengatakan, luas IKN lebih besar dari Jakarta sehingga pembangunannya memerlukan waktu.

"Jadi, 15 persen itu dari keseluruhan. Untuk fase pertama ini, salah satu target tercapai adalah Istana Negara, sejumlah kantor Menko, air, listrik. IKN itu luasnya empat kali Jakarta, ini proyek besar sekali," ucap Grace.

Baca Juga: TNI AD Bakal Kerahkan Artileri dan Kaveleri untuk Amankan 17-an di IKN

2. Jokowi batal ngantor di IKN akhir Juli 2024

Jokowi Sebut Progres IKN Baru 15 Persen, Istana: Ini Proyek BesarPresiden Jokowi tinjau proyek pembangunan kantor presiden di IKN, Jumat (1/3/2024) (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan batal berkantor di IKN akhir Juli 2024. Penundaan tersebut disebabkan oleh kondisi cuaca di lokasi proyek. Hujan deras yang terjadi setiap hari mengakibatkan mundurnya banyak pekerjaan.

“Ya melihat itu tadi, kesiapan itu. Kalau itu siap, kemarin memang targetnya kan Juli, tetapi kan lihat ke IKN, tiap hari hujan terus, hujan deras banget,” kata Jokowi dalam keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Selasa (16/7/2024).

Baca Juga: Ngantor di IKN Juli Ini Tertunda, Jokowi: Tiap Hari Hujan Terus

3. Jokowi tekankan IKN merupakan proyek jangka panjang

Jokowi Sebut Progres IKN Baru 15 Persen, Istana: Ini Proyek BesarPresiden Jokowi berada di Ibu Kota Nusantara (IKN) (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi menekankan, penundaan tersebut merupakan hal biasa dalam proyek besar, apalagi IKN adalah sebuah mimpi besar yang direncanakan untuk jangka panjang dengan target penyelesaian antara 15 hingga 20 tahun.

“Itu biasa dalam proyek besar dan IKN itu kan bukan dibangun 2 tahun, 3 tahun. Ini sebuah mimpi besar jangka panjang, proyek jangka panjang, mungkin 15-20 tahun,” ujar dia.

Di mengingatkan, proyek IKN tidak akan selesai dalam waktu singkat. Masyarakat diharapkan tidak membayangkan semuanya akan rampung pada saat peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus nanti.

Hingga saat ini, Jokowi memperkirakan baru sekitar 15 persen dari keseluruhan proyek yang akan selesai pada tanggal tersebut.

“Jadi jangan membayangkan kita upacara 17 Agustus itu sudah jadi semuanya. Tidak seperti itu, banyak yang baru menurut saya. Paling nanti 17 Agustus itu paling dihitung semuanya secara keseluruhan mungkin ya 15 persen,” tuturnya.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden 16-17 Juli 2024, Kemana Jokowi?

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya