Jokowi Reshuffle 3 Menteri-1 Wamen Pagi Ini, Ada dari PDIP

Reshuffle dilakukan atas alasan transisi

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi mereshuffle Kabinet Indonesia Maju pagi ini.
  • Yasonna Laoly dan Arifin Tasrif terkena reshuffle.
  • Reshuffle dilakukan untuk memuluskan tim transisi pemerintahan.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo diagendakan mereshuffle Kabinet Indonesia Maju pagi ini. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan agenda pelantikan pukul 09.30 WIB di Istana Negara, Jakarta.

"Senin, tanggal 19 Agustus 2024, pukul 09.30 WIB, Bapak Presiden diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri, dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara," ujar Ari kepada IDN Times, Senin (19/8/2024).

Ari mengatakan, yang terkena reshuffle adalah Yasonna Laoly yang merupakan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham). Yasonna merupakan menteri dari PDI Perjuangan.

Kemudian, ada Arifin Tasrif yang digantikan Bahlil Lahadalia. Bahlil yang tadinya Menteri Investasi digeser menjadi Menteri ESDM. Jabatan Menteri Investasi, selanjutnya akan diisi oleh Rosan Roeslani yang juga pernah menjadi Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan melantik tambahan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamen Kominfo).

"Terkait siapa nama-nama Menteri, Wamen dan Kepala Badan yg akan dilantik, tunggu saja jam 09.30 WIB nanti ya," kata Ari.

Dalam kesempatan itu, Ari menjelaskan alasan reshuffle di akhir jabatan Jokowi. Tujuannya, untuk memuluskan tim transisi pemerintahan berjalan lancar.

"Pengangkatan Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif," ujar Ari.

Baca Juga: Menkumham Yasonna Laoly Benarkan Kena Reshuffle Kabinet Besok

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya