Jokowi Pimpin Apel Kehormatan-Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN

Jokowi nyatakan hormat pada para pahlawan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Kusuma Bangsa, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Acara yang dimulai tepat pukul 00.00 WITA ini adalah bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Upacara ini bertujuan untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kedaulatan negara.

Setibanya di lokasi, Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana disambut Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo beserta istri. Mereka kemudian melanjutkan perjalanan menuju area upacara.

Dalam kesempatan ini, Brigjen TNI Bayu Permana, Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman bertindak sebagai perwira upacara, sedangkan Kombes Pol Matrius menjadi komandan upacara.

Presiden Jokowi selaku inspektur upacara, memimpin jalannya apel kehormatan dan renungan suci dengan khidmat. Dalam naskah yang dibacanya, Presiden memberikan penghormatan yang mendalam kepada para pahlawan tak dikenal dari seluruh penjuru Tanah Air. 

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan," ujar Presiden Jokowi, dikutip dari laman YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi juga mengajak seluruh masyarakat mengenang dan mendoakan para pahlawan. "Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula," kata dia. 

Pernyataan ini menegaskan komitmen untuk melanjutkan perjuangan yang telah diwariskan para pahlawan.

Usai pidato, Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta sebagai bentuk penghormatan terakhir. Acara ini diikuti doa bersama yang dipandu Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, yang mengharapkan agar arwah para pahlawan diterima di tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Sebagai bagian dari rangkaian acara, Presiden Jokowi memberikan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan sebelum meninggalkan Taman Kusuma Bangsa. Prosesi ini merupakan wujud penghargaan dan penghormatan tertinggi kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan negara.

Acara apel kehormatan dan renungan suci ini menggarisbawahi komitmen bangsa Indonesia untuk terus menghargai dan mengenang jasa para pahlawan, sekaligus menjadi momen refleksi mendalam mengenai pengorbanan yang telah mereka lakukan demi tanah air.

Baca Juga: Anggaran IKN dan Makan Gratis Tak Dirinci RAPBN, Ini Kata Gerindra

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya