Jokowi Minta Prabowo Bangun Rumah Sakit di Gaza

Prabowo juga diminta untuk kirimkan tenaga medis ke Gaza

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi minta Prabowo kirim tenaga medis ke Gaza, Palestina
  • Prabowo lapor hasil pertemuannya di Singapura kepada Jokowi
  • Prabowo juga sampaikan pembicaraannya dengan PM Singapura dan Presiden Ukraina kepada Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta kepada Menteri Pertahanan Prabowo SUbianto untuk mengirimkan tenaga medis hingga mendirikan rumah sakit di Gaza, Palestina. Prabowo menyampaikan hal itu usai menghadap Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Dalam beberapa hal masalah Gaza, saya lapor ke Presiden dan Presiden sangat mendukung, memberi instruksi kepada saya kita siap mengirim rumah sakit, mengirim tenaga kesehatan kita di dalam Gaza bekerja sama dengan beberapa negara mitra kita, terutama negara-negara Timur Tengah yang juga sudah mengoperasikan rumah sakit di situ, yaitu Uni Emirat Arab, kemudian juga ditugaskan saya untuk berangkat ke Yordan menghadiri KTT masalah Gaza dan Beliau juga instruksi kepada saya untuk berusaha mampir dulu di Arab Saudi. Jadi itu yang bisa saya sampaikan," ujar Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Baca Juga: Uni Eropa Desak Israel-Hamas Sepakati Gencatan Senjata Gaza 

1. Prabowo diajak makan siang oleh Jokowi

Jokowi Minta Prabowo Bangun Rumah Sakit di GazaPresiden Jokowi makan siang bersama dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Istana Bogor, Minggu (18/6/2023). (instagram.com/Prabowo)

Prabowo mengaku, Jokowi juga mengajaknya untuk makan siang. Dalam pertemuannya, Prabowo melaporkan hasil kegiatannya di acara IISS Shangri-La Dialogue ke-21 2024 di Singapura.

"Saya baru saja dipanggil Presiden kebetulan diajak makan siang, dan saya memang minta waktu, saya minta waktu untuk laporan hasil pertemuan-pertemuan saya selama 2 hari di Singapura. Saya bertemu dengan berbagai tokoh, menteri-menteri pertahanan dari beberapa negara," ucap dia.

2. Prabowo mengaku bertemu sejumlah kepala negara di Singapura

Jokowi Minta Prabowo Bangun Rumah Sakit di GazaMenteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto menjadi pembicara di acara IISS Shangri-La Dialogue ke-21 2024 di Singapura (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga melaporkan kepada Jokowi terkait pertemuannya dengan Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong hingga Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

"Saya lapor ke Presiden pembicaraan saya, terus berusaha meyakinkan Presiden Zelenskyy, menawarkan jasa-jasa baik kita apakah Indonesia bisa membantu untuk mendorong ke arah gencatan senjata," kata Prabowo.

3. Zelenskyy belum menerima usulan Prabowo untuk gencatan senjata

Jokowi Minta Prabowo Bangun Rumah Sakit di GazaMenteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (dok. Kemhan RI)

Prabowo mengatakan, Zelenskyy belum setuju terhadap usulan Prabowo untuk gencatan senjata dengan Rusia.

"Beliau (Zelenskyy) masih belum setuju dengan usul-usul kami, tapi kami terus akan berusaha terus," kata dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya