Jokowi Minta Menteri Tak Buat Kebijakan Ekstrem di Masa Transisi

Jokowi minta menteri selesaikan program prioritas

Intinya Sih...

  • Jokowi meminta menteri menjaga stabilitas nasional selama masa transisi pemerintahan agar proses kepemimpinan berjalan lancar.
  • Presiden menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh menteri dan pejabat tinggi negara atas kerja keras mereka selama masa pemerintahannya.
  • Jokowi meminta agar semua program prioritas yang sudah dicanangkan segera diselesaikan menjelang berakhirnya masa tugasnya.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta seluruh menteri tak membuat kebijakan ekstrem selama masa transisi pemerintahan. Jokowi menekankan, pentingnya menjaga stabilitas nasional agar proses transisi kepemimpinan berjalan lancar.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam sidang kabinet paripurna terakhir yang digelar di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (13/9/2024).

"Kita butuh stabilitas untuk tetap tumbuh, kita butuh stabilitas untuk melakukan pembangunan. Pastikan jangan sampai ada teriak-teriak gejolak sampai pemerintahan berikutnya," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (13/9/2024).

Presiden menyoroti pentingnya menjaga daya beli masyarakat, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi selama masa transisi. Menurut Jokowi, kebijakan yang berpotensi menimbulkan gejolak harus dihindari, terutama yang berdampak langsung pada kehidupan masyarakat luas.

"Kita harus bisa menjaga daya beli masyarakat, menjaga inflasi, menjaga pertumbuhan, menjaga keamanan, dan jangan membuat kebijakan-kebijakan ekstrem yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak yang berpotensi merugikan masyarakat luas," tegasnya.

Baca Juga: Jelang Pensiun, Jokowi Minta Menteri Bereskan Program Prioritas

1. Jokowi minta maaf dan sampaikan terima kasih

Jokowi Minta Menteri Tak Buat Kebijakan Ekstrem di Masa TransisiPresiden Jokowi pimpin sidang kabinet paripurna terakhir sebelum pensiun di IKN (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam sidang yang juga menjadi penutup bagi Kabinet Indonesia Maju ini, Jokowi menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh menteri dan pejabat tinggi negara atas kerja keras mereka selama masa pemerintahannya. Ia mengapresiasi dedikasi dan komitmen seluruh jajaran kabinet dalam menjalankan program-program strategis, menghadapi tantangan global, hingga merespons berbagai krisis seperti pandemik COVID-19.

"Ini adalah sidang kabinet terakhir dari Kabinet Indonesia Maju. Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk kerja keras dan dedikasi dari Bapak Ibu semuanya," ujar Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan, masa tugas Kabinet Indonesia Maju akan resmi berakhir pada 20 Oktober. Pemerintahan berikutnya akan dilanjutkan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Masa tugas kita semua berakhir bulan depan, dan pemerintahan saat ini akan dilanjutkan oleh pemerintahan yang baru, yang dipimpin oleh Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto," kata dia.

Baca Juga: Di IKN, Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Terakhir Sebelum Pensiun

2. Jokowi minta menteri selesaikan program prioritas

Jokowi Minta Menteri Tak Buat Kebijakan Ekstrem di Masa TransisiPresiden Jokowi pimpin sidang kabinet paripurna terakhir sebelum pensiun di IKN (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Menjelang berakhirnya masa tugas, Jokowi meminta agar semua program prioritas yang sudah dicanangkan segera diselaikan. Fokus utama adalah memastikan tidak ada kendala yang tertinggal bagi pemerintahan baru.

"Segera tuntaskan di bulan terakhir ini program kerja utama yang sudah dimulai, baik yang berkaitan dengan administrasi, pertanggungjawaban, serta kendala yang belum terselesaikan," ucap Jokowi.

Baca Juga: Aktivis Prediksi 5 Tahun ke Depan Indonesia Memburuk karena Jokowi

3. Jokowi minta seluruh kabinet dukung program Prabowo-Gibran

Jokowi Minta Menteri Tak Buat Kebijakan Ekstrem di Masa TransisiPresiden Jokowi pimpin sidang kabinet paripurna terakhir sebelum pensiun di IKN (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden juga meminta seluruh kabinet mendukung penuh program kerja Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Jokowi menggarisbawahi pentingnya transisi pemerintahan yang berjalan efektif dan lancar.

Jika diperlukan, regulasi baru atau kebijakan tambahan harus segera dirumuskan agar program unggulan pemerintahan baru dapat segera dijalankan.

"Pastikan transisi pemerintahan berjalan efektif. Jika diperlukan regulasi baru, segera buatkan dan selesaikan, terutama yang berkaitan dengan program unggulan presiden terpilih," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya