Jokowi Minta Maaf di Sidang Terakhir Kabinet Indonesia Maju

Masa pemerintahan Jokowi berakhir pada 20 Oktober 2024

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi memimpin sidang kabinet paripurna terakhir di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 13 Agustus 2024.
  • Jokowi meminta maaf atas kurang maksimalnya pemerintahannya dan mengucapkan terima kasih kepada anggota kabinet.
  • Masa jabatan Jokowi akan berakhir pada 20 Oktober 2024, dan pemerintahan akan dilanjutkan oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memimpin sidang kabinet paripurna terakhir di Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Jumat (13/8/2024). Dalam sidang di masa akhir pemerintahannya ini, Jokowi meminta maaf kepada jajaran di Kabinet Indonesia Maju.

"Terakhir, saya juga ingin memohon maaf kepada Bapak Ibu semuanya jika dalam 10 tahun ini ada hal-hal yang dirasa kurang berkenan dalam berinteraksi, dan ada hal yang kurang maksimal," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, perjalanan pemerintahannya tidak lepas dari berbagai tantangan, namun hal tersebut dapat diatasi berkat kerja sama dan dedikasi penuh dari seluruh anggota kabinet.

"Sekali lagi, saya mohon maaf dan terima kasih atas segala dedikasi yang telah diberikan," kata dia.

Baca Juga: Di IKN, Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Terakhir Sebelum Pensiun

1. Jokowi sampaikan terima kasih kepada seluruh anggota kabinet

Jokowi Minta Maaf di Sidang Terakhir Kabinet Indonesia MajuPresiden Jokowi pimpin sidang kabinet paripurna terakhir sebelum pensiun di IKN (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi kemudian menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerja keras seluruh anggota kabinet selama masa kepemimpinannya, yang telah membantu mewujudkan visi pemerintahan.

Jokowi mengingatkan bahwa masa jabatannya akan berakhir pada 20 Oktober 2024 mendatang. Pemerintahan selanjutnya akan dilanjutkan oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Pada 20 Oktober bulan depan, masa tugas kita semua berakhir dan pemerintahan saat ini akan dilanjutkan oleh pemerintahan yang baru, pemerintahan berikutnya yang dipimpin oleh Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto," ucap dia.

2. Jokowi minta menteri selesaikan berbagai program prioritas

Jokowi Minta Maaf di Sidang Terakhir Kabinet Indonesia MajuPresiden Jokowi pimpin sidang kabinet paripurna terakhir sebelum pensiun di IKN (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi meminta seluruh anggota kabinet untuk memanfaatkan bulan terakhir masa jabatan ini, dengan menuntaskan berbagai program prioritas yang telah dicanangkan.

"Saya ingin menegaskan beberapa hal, yang pertama segera tuntaskan di bulan terakhir ini program kerja utama yang sudah dimulai, baik yang berkaitan dengan administrasi pertanggungjawaban, serta kendala yang belum terselesaikan," kata dia.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa tidak ada program yang terhenti atau tertunda ketika pemerintahan baru dimulai.

3. Jokowi ajak semua pihak dukung masa transisi dan pemerintahan baru

Jokowi Minta Maaf di Sidang Terakhir Kabinet Indonesia MajuPresiden Jokowi pimpin sidang kabinet paripurna terakhir sebelum pensiun di IKN (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Jokowi juga menekankan pentingnya mendukung penuh program kerja presiden terpilih. Ia meminta seluruh menteri untuk memastikan transisi pemerintahan berjalan efektif dan lancar.

"Kita harus mendukung penuh program kerja terpilih, pastikan transisi pemerintahan berjalan efektif. Jika diperlukan regulasi baru, segera rumuskan, terutama yang berkaitan dengan program unggulan presiden terpilih agar setelah dilantik, pemerintahan baru bisa segera bekerja dan berlari kencang," ujar Jokowi.

Stabilitas menjadi poin utama dalam pernyataan Jokowi. Ia menekankan perlunya menjaga situasi kondusif hingga pemerintahan baru resmi dilantik.

"Kita butuh stabilitas untuk tetap tumbuh, kita butuh stabilitas untuk melakukan pembangunan," ucap dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya