Jokowi Ketularan Pakai Innova Zenix Usai Bertemu Paus Fransiskus

Jokowi disebut kerap menggunakan Innova

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi menggunakan Toyota Innova Zenix usai bertemu Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta.
  • Danspaspampres menyatakan tidak masalah Presiden Jokowi menggunakan kendaraan apa pun karena pengamanan telah diperketat.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo "mendadak" menggunakan Toyota Innova Zenix usai bertemu dengan pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta. Hal itu terlihat lewat beredarnya foto iring-iringan kendaraan Presiden.

Dalam foto tersebut, terlihat ada Innova Zenix yang menggunakan pelat RI 1. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, membenarkan Presiden Jokowi menggunakan Innova Zenix saat pulang ke Istana Bogor dari Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/9/2024).

"Iya, betul sekali," ujar Yusuf kepada jurnalis.

Yusuf menegaskan, Presiden Jokowi tidak hanya menggunakan mobil Mercedes Benz saat bepergian. Menurutnya, Jokowi juga terbiasa menggunakan Innova Zenix.

Yusuf menyampaikan, Jokowi kerap menggunakan kendaraan yang tidak biasa dipakai dalam perjalanan diam-diam atau incognito.

"Pada kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito, sering sekali beliau menggunakan kendaraan Innova," kata Yusuf.

Baca Juga: Usai Bertemu Paus, Jokowi Pulang ke Istana Bogor Pakai Innova Zenix

1. Jokowi disebut akan kembali akan pakai Innova Zenix

Jokowi Ketularan Pakai Innova Zenix Usai Bertemu Paus FransiskusIring-iringan mobil Presiden Jokowi menggunakan mobil Innova Zenix. (Dok. Istimewa)

Sementara itu, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danspaspampres), Mayjen TNI Achiruddin, mengatakan, tak masalah Presiden Jokowi menggunakan kendaraan apa pun.

"Terkait sisi keamanan, tidak ada masalah bagi kami. Paspampres sudah memperketat pengamanan terhadap Presiden berkoordinasi dengan pasukan pengamanan wilayah," ujar Achiruddin kepada jurnalis.

Menurutnya, pasukan pengamanan wilayah juga sudah ditempatkan di sepanjang jalan yang dilalui oleh Presiden Jokowi.

"Secara SOP, akan kami laksanakan pengamanan terhadap Presiden secara maskimal dan berlapis serta perhitungan yang matang," kata dia.

Achiruddin menegaskan, Paspampres juga sudah mempersiapkan antisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi ketika Presiden Jokowi dalam perjalanan.

Presiden Jokowi juga diagendakan akan kembali menggunakan Innova Zenix saat melakukan perjalanan dinas.

"Besok (Kamis, 5 September 2024) pun beliau akan gunakan mobil tersebut. Sebenarnya itu hal biasa, karena untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito (penyamaran), beliau sering menggunakan kendaraan Innova," ujar Achiruddin.

Baca Juga: Danpaspampres Tak Masalah Jokowi Pakai Innova Zenix: Besok Pakai Lagi

2. Mobil yang pernah dipakai Jokowi

Jokowi Ketularan Pakai Innova Zenix Usai Bertemu Paus FransiskusPresiden Jokowi buka Indonesia-Africa Forum 2024 di Bali, Senin (2/9/2024) (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Yusuf mengatakan, Presiden Jokowi tak hanya menggunakan Mercedes Benz saat melakukan perjalanan dinas. Menurutnya, Presiden Jokowi ketika kunjungan kerja ke daerah juga kerap menggunakan Toyota Fortuner.

"Artinya, berganti kendaraan adalah hal yang biasa kami lakukan," ucap dia.

Selain itu, Presiden Jokowi juga saat ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pernah menggunakan Toyota Land Cruiser VX200.

Kemudian, Jokowi juga pernah menggunakan Toyota Alphard, Lexus LX570, BMW hingga Volkswagen Caravelle.

Bahkan, saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi kerap berkegiatan tanpa mobil dinas yang disediakan Pemprov DKI. Saat itu, ia juga memilih menggunakan Innova dibandingkan Land Cruiser mobil dinasnya.

Baca Juga: Bertemu Jokowi, Paus: Kekerasan Muncul Saat Kekuasaan Mau Keseragaman

3. Paus Fransiskus pilih pakai Innova Zenix

Jokowi Ketularan Pakai Innova Zenix Usai Bertemu Paus FransiskusPaus Fransiskus lambaikan tangan ke warga yang menunggu di dekat Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Diketahui, Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Indonesia juga menggunakan Toyota Innova Zenix. Penggunaan Innova Zenix itu mendapat pujian dari berbagai pihak. Paus Fransiskus itu pun dinilai menjadi contoh kesederhanaan pemimpin dunia.

Ketua Panitia Pelaksana Kunjungan Paus ke Indonesia, Ignasius Jonan, mengungkap kendaraan yang dipilih Paus Fransiskus selama berkegiatan di Jakarta. Paus Fransiskus memilih kendaraan yang biasa dipakai warga di Indonesia.

"Iya, pakai civil car, Toyota Kijang Zenix. Sri Paus tidak mau pakai mobil antipeluru," kata Jonan, kepada awak media di Jakarta, Senin (2/9/2024).

Saat menumpangi mobil tersebut, Paus Fransiskus juga memilih duduk di kursi depan, berdampingan dengan sopir.

Baca Juga: Menanti Berkat Paus Fransiskus di Jalanan Jakarta

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya