Jokowi Izinkan Gubernur Lemhanas Jadi Tim Pemenangan Ganjar Presiden

Jokowi tegaskan sudah beri izin

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku mengizinkan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Andi Widjajanto, sebagai Deputi Politik 5.0 Tim Pemanangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP).

"Sudah saya izinkan," ujar Jokowi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10/2023) malam.

Jokowi meminta untuk mengecek aturan teknis kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, apakah Andi harus cuti atau tidak.

"Aturannya seperti apa, nanti Pak Mensesneg ya, apakah harus cuti," kata dia.

Baca Juga: Andi Widjajanto Jadi Deputi Politik Tim Pemenangan Nasional Ganjar

1. Andi gabung TPN GP pada Rabu, 11 Oktober 2023

Jokowi Izinkan Gubernur Lemhanas Jadi Tim Pemenangan Ganjar PresidenGubernur Lembaga Ketahanan Nasional Andi Widjajanto. (IDN Times/Umi Kalsum)

Sebelumnya, Ketua TPN GP Arsjad Rasjid mengatakan, Andi ditunjuk menjadi Deputi Politik 5.0 TPN GP.

"Ada dua deputi yang saya umumkan hari ini dengan pertimbangan yang bersangkutan adalah seorang tokoh, memiliki kredibilitas dan profesional, yaitu Deputi Politik 5.0 TPN GP Andi Widjajanto, serta Komjen Pol (Purn) Luki Hermawan ditunjuk jadi Deputi Kinetik Teritorial TPN GP," ujar Arsjad di Gedung High End, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga: Megawati Ikut Rapat TPN, Bahas soal Pendaftaran Capres-Cawapres

2. PDIP sebut Andi gabung ke TPN sudah dikonsultasikan dengan Jokowi

Jokowi Izinkan Gubernur Lemhanas Jadi Tim Pemenangan Ganjar PresidenSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara itu, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Andi bergabung ke TPN GP sudah dikonsultasikan dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Menurutnya, Andi dan TPN sudah baik dari sisi kedekatan emosional.

"Namanya Mas Andi Widjajanto pada awalnya kita undang sebagai narasumber, dan kemudian proses emosional bounding dan kesinambungan dengan Presiden Jokowi, maka akhirnya ya sama-sama bertemu," kata Hasto.

"Sehingga, Mas Andi Widjajanto mengisi posisi Deputi Politik 5.0. Ini merupakan hal yang sangat strategis, sehingga tidak mungkin hal tersebut tanpa dikonsultasikan dengan Bapak Presiden Jokowi," sambungnya.

3. Lemhanas disebut tetap netral

Jokowi Izinkan Gubernur Lemhanas Jadi Tim Pemenangan Ganjar PresidenPeresmian Patung Bung Karno di Lemhanas oleh Megawati (youtube.com/PDI Perjuangan)

Hasto menyebut, meski Andi saat ini bergabung ke TPN GP, Lemhanas akan tetap menjadi lembaga yang netral. Menurutnya, Andi juga sudah mulai bekerja di TPN mulai Rabu (11/10/2023).

"Yang penting mulai hari ini sudah kerja dan Mas Andi tetap akan menjaga dan memastikan bahwa Lemhanas tetap netral, itu yang paling penting," ucap dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya