Jokowi Bantah PKS soal Sodorkan Nama Kaesang untuk Pilkada Jakarta

Jokowi sebut pilkada urusan partai

Intinya Sih...

  • Jokowi membantah menyodorkan nama Kaesang Pangarep untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.
  • Pilkada merupakan ranah partai politik, Jokowi tidak berada dalam ranah tersebut. Kaesang juga membantah pernyataan tersebut.
  • Sekjen DPP PKS menyebut Jokowi sudah menyodorkan nama Kaesang kepada semua partai politik, termasuk PKS.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo membantah pernyataan Sekjen DPP PKS, Aboe Bakar Alhabsy, yang menyebut dirinya menyodorkan nama Ketua Umum DPP PSI, Kaesang Pangarep untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Saya tidak pernah menyodorkan kepada siapa pun, kepada partai juga tidak pernah. Tanyakan ke partai-partai," ujar Jokowi di Karawang, Rabu (3/7/2024).

1. Pilkada urusan partai

Jokowi Bantah PKS soal Sodorkan Nama Kaesang untuk Pilkada JakartaPresiden Jokowi meninjau posyandu di Cipete, Jakarta Selatan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, Pilkada merupakan ranah partai politik. Oleh karena itu, Jokowi mengaku tidak berada dalam ranah tersebut.

"Urusan Pilkada itu urusannya partai politik, urusan mencalonkan itu juga urusan partai politik, saya bukan ketua partai, saya bukan pemilik partai. Jadi, jangan ditanyakan kepada saya," kata dia.

Baca Juga: Puan: PDIP Pertimbangkan Kaesang di Pilkada Jateng 2024

2. Kaesang juga membantah

Jokowi Bantah PKS soal Sodorkan Nama Kaesang untuk Pilkada JakartaKetua Umum PSI, Kaesang Pangarep gelar jumpa pers di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Kaesang juga membantah kalau ayahnya menyodorkan namanya maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Pak Jokowi tidak pernah menawarkan nama saya ke partai-partai. Silakan cek, atau sebut partai mana yang pernah ditawari Pak Jokowi. Cara-cara seperti itu tidak baik dan ini merupakan kebohongan pada publik")," ujar Kaesang dalam keterangannya, dikutip Jumat (28/6/2024).

Baca Juga: PAN Nilai Kaesang Bisa Jadi 'Ban Serep' Jika Ridwan Kamil Batal Nyagub

3. Pernyataan Sekjen DPP PKS

Jokowi Bantah PKS soal Sodorkan Nama Kaesang untuk Pilkada JakartaSekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi menyampaikan, PKS menugaskan Anies bangun koalisi di Pilkada Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Aboe menyebut, Jokowi memang berupaya terlibat atau cawe-cawe di Pilkada Jakarta. PKS pun tak masalah dengan hal itu.

"Kan udah biasa cawe-cawe mulai dari presiden (pilpres) sampe nanti (pilkada). Biasa. Jadi nggak ada masalah biar saja," kata Aboe di Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Aboe mengeklaim, Jokowi selama ini bahkan sudah menyodorkan nama Kaesang Pangarep kepada semua partai politik, termasuk PKS.

"Sudah-sudah, sudah nyodorkan. Sudah nyodorkan. Kita liat aja. Ke mana-mana," ujar dia.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya