Mulyono Nama Lahir Jokowi yang Diubah karena Sakit, Viral di X

Jokowi mengatakan, namanya diubah hal yang wajar

Intinya Sih...

  • Jokowi mengakui nama lahirnya adalah Mulyono, tetapi ibunya mengubahnya menjadi Joko Widodo karena sering sakit saat kecil.
  • Masa kecil Jokowi penuh tantangan dengan kesehatan yang kurang baik dan keluarga yang hidup dalam keterbatasan ekonomi.

Jakarta, IDN Times - Warganet kembali membicarakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo memiliki nama lahir Mulyono. Jokowi membenarkan nama lahirnya Mulyono saat wawancara eksklusif bersama Pemimpin Redaksi SCTV, Retno Pinasti dalam program "Point Of View".

"Iya betul, waktu kecil lahir saya diberi nama Mulyono, kemudian sakit-sakitan," ujar Jokowi dikutip IDN Times, Jumat (23/8/2024).

1. Alasan nama Mulyono menjadi Jokowi

Mulyono Nama Lahir Jokowi yang Diubah karena Sakit, Viral di XPresiden Jokowi meninjau posyandu di Cipete, Jakarta Selatan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi mengatakan, karena saat kecil sering sakit, ibunya, Sujiatmi Notomiharjo, memutuskan untuk mengganti nama Mulyono menjadi Joko Widodo.

“Biasanya kalau di Jawa begitu, oh ini mungkin keberatan nama,” kata Jokowi sambil tertawa kecil mengenang masa kecilnya.

Maka dari itu, demi kesehatan anaknya, Sujiatmi Notomiharjo memutuskan untuk mengganti nama Mulyono jadi Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Hanya Bicara 20 Detik Respons Polemik Putusan MK-RUU Pilkada

2. Jokowi sebut keluarganya memiliki keterbatasan ekonomi

Mulyono Nama Lahir Jokowi yang Diubah karena Sakit, Viral di XUpacara peringatan Harlah Pancasila, Sabtu (1/6/2024) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam wawancara yang sama, Jokowi juga menceritakan bagaimana masa kecilnya penuh tantangan. Selain kondisi kesehatannya yang kurang baik, keluarganya juga hidup dalam keterbatasan ekonomi.

“Keluarga kita juga serba kekurangan, ya kalau sakit-sakitan ya biasa,” kenang Jokowi,.

3. Ragam respons warganet

Mulyono Nama Lahir Jokowi yang Diubah karena Sakit, Viral di XIlustrasi media sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Warganet pun merespons informasi ini dengan beragam komentar. Beberapa merasa terkejut karena baru mengetahui nama asli Jokowi, sementara yang lain merasa kagum dengan cerita di balik perubahan namanya.

Tidak sedikit pula yang menjadikan kisah ini sebagai bahan humor di media sosial, dengan berbagai meme dan guyonan tentang nama Mulyono yang ternyata menjadi Joko Widodo, seorang presiden yang dikenal luas hingga ke mancanegara.

Nama kedua orang tua Jokowi, Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo, kini kembali menjadi sorotan setelah informasi ini beredar luas. Keduanya dikenal sebagai sosok yang sederhana dan bekerja keras.

Ayah Jokowi, Noto Mihardjo, adalah seorang tukang kayu yang ulet. Sementara ibunya, Sujiatmi Notomiharjo merupakan ibu rumah tangga.

Baca Juga: Said Didu: Jokowi Bikin Gaduh, Konstitusi untuk Keluarga Solo

Topik:

  • Jujuk Ernawati
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya