Jokowi Ajak Ridwan Kamil Tinjau Pembangunan Infrastruktur di IKN

Ridwan Kamil juga diajak tinjau pembangunan tol IKN

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau sejumlah proyek infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (1/11/2023). Dalam kunjungan itu, Jokowi mengajak mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana menjelaskan alasan Jokowi mengajak Ridwan Kamil.

"Pak Ridwan Kamil diundang khusus oleh Bapak Presiden, untuk melihat langsung progress pembangunan IKN karena Kang Emil adalah seorang arsitek, sehingga bisa memberikan masukan sesuai keahlian beliau," ujar Ari kepada wartawan, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga: Jokowi Groundbreaking Bandara IKN, Pastikan Bisa Dipakai Juni 2024

1. Ridwan Kamil diajak meninjau peoyek jalan tol

Jokowi Ajak Ridwan Kamil Tinjau Pembangunan Infrastruktur di IKNPresiden Jokowi ajak Ridwan Kamil tinjau proyek pembangunan IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam foto yang dibagikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Ridwan Kamil terlihat mendampingi Jokowi saat meninjau proyek pembangunan jalan tol IKN, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Sekarang dibangun tol ini langsung dari Balikpapan menuju ke Nusantara. Itu hanya memakan waktu kira-kira 50 menit, jaraknya 57 km sehingga ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara," ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Buka Suara soal Atribut Partai Dicopot Saat Kunjungan di Bali

2. Proses pembangunan jalan tol sudah 55 persen

Jokowi Ajak Ridwan Kamil Tinjau Pembangunan Infrastruktur di IKNPresiden Joko "Jokowi" Widodo (dok. Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan, proses pembangunan tol IKN sudah mencapai 55 persen. Dia berharap, tol tersebut bisa selesai pada Juni 2024.

"Diharapkan nanti di bulan Juni 2024 sudah bisa dipakai," kata Presiden.

Baca Juga: Terowongan Tol Bawah Laut IKN Dibangun Awal 2025

3. Jokowi ingin area sekitar tol dibuat hijau

Jokowi Ajak Ridwan Kamil Tinjau Pembangunan Infrastruktur di IKNPresiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi menyampaikan, area hijau akan dibuat di sekitar jalan tol. Sehingga, suasana sejuk bisa dirasakan, khususnya di rest area.

"Kanan kirinya ini memang ingin kita buat sehijau mungkin sehingga mulai ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan yang kita harapkan nanti kanan-kiri jalan tol ini semuanya green, hijau semuanya, dan kita sudah siapkan 60 ribu pohon untuk jalan tol ini saja," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya