Jelang Putusan Usia Capres di MK, Jokowi Terbang ke China

Jokowi juga akan terbang ke Riyadh, Arab Saudi

Jakarta, IDN Times - Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini dijadwalkan memutuskan gugatan batas usia minimal calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres). Sidang diagendakan dimulai pada Senin (15/10/2023) pukul 10.00 WIB.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini terbang ke Beijing, China, untuk melakukan kunjungan kenegaraan.

"Hari ini saya dan delegasi melakukan kunker ke Beijing dan Riyadh, dua acara besar di Beijing tanggal 17 dan 18 Oktober," ujar Jokowi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Batal Nonton Balapan MotoGP Mandalika

1. Jokowi akan bertemu Presiden Xi Jinping

Jelang Putusan Usia Capres di MK, Jokowi Terbang ke ChinaPresiden Jokowi bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping di Beijing (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan akan melakukan pertemuan dengan Presiden China, Xi Jinping. Selain itu, Jokowi juga akan bertemu dengan Perdana Menteri China, Li Qiang.

"Selain pertemuan bilateral dengan Presiden Xi Jinping, saya juga akan bertemu dengan Perdana Menteri RRT (Republik Rakyat Tiongkok) dan Ketua Parlemen RRT," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi soal Capres yang Didukungnya: Sabar, Orangnya Gak Ada di Sini

2. Ada sejumlah pembahasan

Jelang Putusan Usia Capres di MK, Jokowi Terbang ke ChinaPresiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, ada sejumlah pembahasan dalam pertemuan dengan Xi Jinping dan Li Qiang. Salah satunya terkait isu ekonomi.

"Sejumlah isu prioritas yang kita bahas dengan RRT antara lain, peningkatan ekspor Indonesia, peningkatan investasi dan pembangunan ketahanan pangan," kata dia.

3. 18 Oktober 2023, Jokowi terbang ke Arab Saudi

Jelang Putusan Usia Capres di MK, Jokowi Terbang ke ChinaPresiden Jokowi saat berbincang santai sambil menyantap bakso dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Lebih lanjut, Jokowi menerangkan, pada 18 Oktober 2023, akan terbang ke Riyadh, Arab Saudi.

Pada 18 Oktober saya lanjutkan perjalanan ke Riyadh untuk melakukan kunjungan resmi, bersama putra mahkota, dan memimpin KTT pertama ASEAN-GCC. Sejumlah kerja sama dengan kerajaan Arab Saudi akan dibahas, peningkatan kerja sama ekonomi, penjaminan produk halal, energi dan pembentukan dewan koordinasi tertinggi," ucap dia.

Pada 21 Oktober 2023, Presiden Jokowi akan kembali ke Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Batal Nonton Langsung MotoGP Mandalika 2023

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya