Jelang Pensiun, Jokowi Belum Teken Keppres Pindah Ibu Kota ke IKN

Jokowi sebut pindah ibu kota tak sekadar bawa baju

Intinya Sih...

  • Jokowi belum menerbitkan Keppres tentang pemindahan Ibu Kota ke IKN karena masih menunggu kesiapan infrastruktur.
  • IKN harus siap secara infrastruktur, bukan hanya gedungnya, tapi juga furniturnya, listriknya, SDM-nya, dan sistemnya.
  • Keppres tentang IKN bisa dilakukan Prabowo Subianto setelah dilantik menjadi Presiden RI, namun kesiapan infrastruktur tetap menjadi prioritas utama.

Jakarta, IDN Times - Sebulan jelang pensiun, Presiden Joko "Jokowi" Widodo belum menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemindahan Ibu Kota ke IKN. Jokowi mengaku, masih menunggu kesiapan.

"Kita melihat itu kesiapan betul-betul ya. Di sana harus betul-betul siap, betul. Kalau cuma hanya tanda tangan, tanda tangan gampang. Satu detik ya tanda tangan. Tapi kesiapan IKN itu sendiri, kalau yang namanya sudah ditandatangani, pindah. Pindah itu semuanya harus siap," ujar Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (18/9/2024).

Baca Juga: Konsorsium Aguan Rogoh Rp5 Triliun di Proyek Hotel dan Mal IKN

1. Menunggu kelengkapan infrastuktur

Jelang Pensiun, Jokowi Belum Teken Keppres Pindah Ibu Kota ke IKNPresiden Jokowi Resmikan Pembukaan Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition (IIGCE) ke-10 di JCC (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi mengatakan, IKN harus siap secara infrastruktur. Sehingga, Keppres tidak buru-buru dikeluarkan.

"Bukan hanya gedungnya yang siap, furniturnya harus siap, listriknya harus siap. SDM-nya harus siap, sistemnya harus siap. Ini bukan pindahan rumah saja, ruwetnya kayak gitu, ini pindahan ibu kota. Jadi semuanya harus dihitung," ucap dia.

Baca Juga: IKN Resmi Dibuka untuk Umum, Begini Cara Berkunjung ke IKN

2. Keppres bisa saja dikeluarkan oleh Prabowo

Jelang Pensiun, Jokowi Belum Teken Keppres Pindah Ibu Kota ke IKNPresiden Jokowi pimpin sidang kabinet paripurna terakhir sebelum pensiun di IKN (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan, Keppres tentang IKN bisa saja dilakukan Prabowo Subianto setelah dilantik menjadi Presiden RI.

"Yang tanda tangan bisa saya, bisa terpilih Pak Prabowo Subianto. Tapi kesiapan yang paling penting, kotanya ini siap betul. ekosistemnya sudah terbangun, kalau itu sudah siap," ujar Jokowi.

Baca Juga: Presiden RI Resmikan Wanagama Nusantara di IKN 

3. Pindah ibu kota tak hanya sekadar bawa baju

Jelang Pensiun, Jokowi Belum Teken Keppres Pindah Ibu Kota ke IKNPresiden Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN) (IDN Times/Istimewa)

Jokowi mengatakan, pemindahan ibu kota ke IKN tak hanya sekadar membawa baju. Namun, ada aspek lain yang harus disiapkan secara matang.

"Kan juga ada yang pendukung lainnya, logistik seperti apa, sekolah untuk anak-anak yang nanti di sana siap enggak, rumah sakitnya siap enggak. Tidak hanya urusan kita pindah, kalau hanya orangnya saja, hanya bawa baju," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya