Jadi Penentu Kemenangan, PPP Jamin Ganjar-Mahfud Perhatikan Buruh

Keberpihakan ke buruh miliki dampak elektoral yang baik

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ahmad Baidowi atau Awiek menjamin pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperhatikan kondisi buruh. Menurutnya, buruh merupakan salah satu penentu suara kemenangan.

Hal itu Awiek sampaikan dalam diskusi politik elektabilitas capres-cawapres di kalangan buruh yang digelar Lembaga Pemilih Indonesia (LPI).

"Semua segmen kita garap, khusus segmen buruh itu kan memang segmented yang komunitas itu cukup memiliki dampak elektoral yang penting. Karena kita banyak juga penentu, artinya penentu kemenangan itu banyak tidak menutup kemungkinan dari kalangan buruh," ujar Awiek di Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Baca Juga: Kampanye di Depan Mahasiswa, Ganjar: Sukses Itu Butuh Perjuangan

1. Akui UMP di Jawa Tengah masih rendah dibanding Jakarta

Jadi Penentu Kemenangan, PPP Jamin Ganjar-Mahfud Perhatikan BuruhLembaga Pemilih Indonesia (LPI) merilis hasil surveinya yang dilakukan pada 22-27 November 2023 (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Awiek mengakui upah minimum provinsi (UMP) Jawa Tengah ketika Ganjar menjadi gubernur masih rendah dibanding DKI Jakarta. Menurutnya, kebutuhan hidup di Jawa Tengah juga tidak setinggi di Jakarta.

"Perlu diingat justru banyak perusahaan merelokasi pabriknya ke kawasan Jawa Tengah. Kenapa? Karena Pak Ganjar itu sangat friendly terhadap iklim usaha dan mengakomodir kepentingan, kebutuhan para buruh, para pekerja," kata Awiek.

Baca Juga: Ganjar Ungkap Berbagai Tantangan Media Massa di Era Digital

2. Survei LPI, Ganjar-Mahfud dianggap bisa menyejahterakan buruh

Jadi Penentu Kemenangan, PPP Jamin Ganjar-Mahfud Perhatikan BuruhPasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menuju KPU untuk mendaftar sebagai Capres dan Cawapres pada Kamis (19/10/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Diketahui, LPI melakukan survei terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang paling mampu menyejahterakan buruh. Hasilnya, capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dianggap paling mampu.

LPI melakukan survei pada 22-27 November 2023 dengan melibatkan 1.700 responden. Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error 2,53 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Kami melakukan survei di 18 provinsi," ujar Wakil Direktur LPI, Ali Ramadhan.

Survei LPI menempatkan Ganjar-Mahfud di posisi pertama dan unggul jauh dari capres-cawapres lainnya, terkait dengan keyakinan responden dapat menyejahterakan buruh.

Berikut hasilnya:
- Ganjar Pranowo- Mahfud MD: 69,25 persen
- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 12,75 persen
- Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 9,74
- Tidak tahu: 8,25 persen

3. Ganjar-Mahfud dianggap paling peduli terkait isu buruh

Jadi Penentu Kemenangan, PPP Jamin Ganjar-Mahfud Perhatikan BuruhGanjar Pranowo dan Mahfud MD usai mendaftar sebagai capres-cawapres Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada Kamis (19/10/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam survei tersebut, pasangan Ganjar-Mahfud juga dianggap paling peduli terkait dengan isu buruh. Berikut hasilnya:

- Ganjar Pranowo- Mahfud MD: 68 persen
- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 12,5 persen
- Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 10,75 persen
- Tidak tahu: 8,75 persen

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya