Isu Hubungan Ganjar-Puan Memanas, PDIP: Ada Upaya untuk Membelah

PDIP menyebut hubungan keduanya baik-baik saja

Jakarta, IDN Times - Hubungan Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo diisukan memanas. Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, membantah isu tersebut.

"Baik-baik saja. Jadi memang ada upaya untuk membelah PDIP dan itu berulang kali dilakukan, tapi PDIP dengan kultur dan kepemimpinan yang jelas, di bawah langsung Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga: NasDem Usulkan Ganjar Jadi Capres, PDIP: Parpol Bukan Klub Sepak Bola

1. PDIP tegaskan hubungan dengan semua kader

Isu Hubungan Ganjar-Puan Memanas, PDIP: Ada Upaya untuk MembelahSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto menegaskan, PDIP memiliki hubungan yang baik dengan semua kadernya. Termasuk dengan Ganjar Pranowo.

"Hubungan kami dengan seluruh kepala daerah dan wakil kepala daerah sebagaimana terlihat tadi, itu kan disatukan oleh napas ideologi partai untuk berpihak kepada rakyat, untuk bergerak ke bawah," katanya.

Baca Juga: PDIP Minta Kepala Daerah Tidur di Barak, Ini Pengalaman Gibran

Baca Juga: Diusung DPW Jadi Capres Nasdem, Ganjar: Kita Saling Hormat Saja

2. Nasdem usulkan Ganjar jadi capres, PDIP: parpol bukan klub sepak bola

Isu Hubungan Ganjar-Puan Memanas, PDIP: Ada Upaya untuk MembelahSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Hasto buka suara soal Ganjar Pranowo yang diusulkan Nasdem sebagai salah satu capres. Hasto pun memberikan sindiran.

"Bagi PDIP, berpolitik ini kan membangun organisasi kepartaian agar fungsi yang diatur dalam undang-undang, salah satunya kaderisasi kepemimpinan partai merupakan fungsi sistemik yang seharusnya dilakukan partai," katanya.

"Maka hal tersebut yang seharusnya dilakukan partai politik, karena partai politik bukan klub sepakbola," sambungnya.

3. Ganjar tetap tegak lurus pada PDIP

Isu Hubungan Ganjar-Puan Memanas, PDIP: Ada Upaya untuk MembelahPolitikus PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Hasto juga menyebut, Ganjar tetap patuh pada PDIP. Hasto mengaku, PDIP tak akan mencampuri urusan partai lain.

"Teman-teman pers sudah tahu jawaban dari Pak Ganjar sejak datang kemarin menegaskan, 'Saya PDI Perjuangan dan tegak lurus kepada perintah dari Ketua Umum PDI Perjuangan," kata Hasto.

 

Baca Juga: Ganjar Diusulkan Jadi Capres NasDem, Begini Respons PDIP 

Baca Juga: Digadang-gadang Maju Jadi Capres, Ganjar: Itu Urusan Ketua Umum

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya