Istana Pastikan Dubes Negara Sahabat Tak Diundang HUT RI di IKN

Dubes negara sahabat diundang di Istana Merdeka, Jakarta

Intinya Sih...

  • Dubes negara sahabat diundang hadir di Istana Merdeka, Jakarta untuk peringatan HUT ke-79 RI.
  • Sebagian Menteri Kabinet Indonesia Maju akan hadir di IKN, Istana Merdeka, dan menjadi inspektur upacara di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.
  • Jumlah tamu undangan terbatas di IKN karena keterbatasan fasilitas, dengan sekitar 1.000-1.500 orang di IKN dan 1.500 orang di Jakarta serta masyarakat ditempatkan di sekitar gedung Plaza Ceremony, Lapangan Hijau, dan Kementerian Koordinator.

Jakarta, IDN Times - Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, memastikan Duta Besar (Dubes) negara sahabat tidak diundang pada peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). Yusuf mengatakan, duta besar diundang hadir di Istana Merdeka, Jakarta.

"Yang pasti para dubes (diundang) di Istana Merdeka," ujar Yusuf kepada jurnalis, Kamis (8/8/2024).

Yusuf mengatakan, penyelenggaran peringatan HUT ke-79 RI digelar di Jakarta dan IKN. Namun, untuk upacara pengibaran bendera pusaka, hanya dilaksanakan di IKN.

"Pokoknya kita punya kebijakan untuk beliau-beliau (dubes) diundang di Jakarta," kata dia.

1. Tak semua Menteri Kabinet Indonesia Maju hadir di IKN

Istana Pastikan Dubes Negara Sahabat Tak Diundang HUT RI di IKNPresiden Jokowi pimpin Rapat Terbatas terkait Rencana Kerja Pemerintah, Nota Keuangan, dan RAPBN Tahun 2025 di Kantor Presiden, Senin (5/8/2024). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Yusuf mengatakan, tidak semua Menteri Kabinet Indonesia Maju juga akan hadir di IKN pada HUT ke-79 RI. Nantinya, sebagian ada di IKN, Istana Merdeka dan menjadi inspektur upacara di daerah tertinggal, terdepan dan terluar.

"Update undangan menteri, pertama di Istana Negara IKN, Istana Merdeka Jakarta dan di daerah tertinggal, terdepan/terluar," ucap Yusuf.

Baca Juga: Jokowi Gelar Sidang Kabinet di IKN pada 12 Agustus, Istana Bersiap

2. Jumlah undangan di IKN dan Jakarta

Istana Pastikan Dubes Negara Sahabat Tak Diundang HUT RI di IKNSuasana Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) terkini. (IDN Times/Umi Kalsum)

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi mengatakan jumlah tamu undangan di IKN untuk HUT ke-79 RI terbatas. Karena, masih keterbatasan fasilitas.

"Semua ada keterbatasan, maka dari itu di IKN maupun di Jakarta upacara penyelenggaraan 7 Agustus dnegan undangan kurang lebih di IKN kami mempersiapkan 1.000 di pagi hari, sore hari 1.000 plus yang 380 di main hall, untuk di Jakarta 1.500 pagi dan 1.500 sore," ucap Heru.

Baca Juga: Alasan Sesungguhnya Warga Sekitar Gak Boleh Ikut Upacara HUT RI di IKN

3. Ada juga yang ditempatkan di luar area upacara

Istana Pastikan Dubes Negara Sahabat Tak Diundang HUT RI di IKNSuasana Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) terkini. (IDN Times/Umi Kalsum)

Selain itu, ada juga masyarakat yang akan ditempatkan di sekitar gedung Plaza Ceremony, Lapangan Hijau dan Kementerian Koordinator sekitar 1.500 orang.

"Nanti menggunakan tenda-tenda, nanti masyarakat yang diundang bisa juga menyaksikan dari sana," ucap dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya