Ini Deretan Menteri Jokowi yang Daftar Caleg pada Pileg 2024

PDIP akan daftarkan semua menterinya jadi caleg

Jakarta, IDN Times - Sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, berencana maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2024.

Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas, akan maju sebagai caleg 2024. Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga, menerangkan, Zulhas akan maju sebagai caleg daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah I.

"Ketua Umum DPP PAN akan menyalonkan sebagai caleg di Jawa Tengah I meliputi kabupaten Semarang, Kota Semarang, dan Kabupaten kendal," ujar Viva kepada IDN Times, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga: Menteri-Menteri Jokowi Bakal Dapat THR Juga, Segini Besarannya

1. PAN ingin kuatkan suara di Jateng

Ini Deretan Menteri Jokowi yang Daftar Caleg pada Pileg 2024Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Viva menerangkan, PAN ingin menguatkan suara di Jawa Tengah dengan kehadiran Zulhas. Sebab, pada Pemilu 2019, PAN kehilangan 8 suara di Jateng.

"Tujuannya untuk memperkuat PAN di Jawa Tengah, karena di Pemilu 2019 PAN kehilangan 8 kursi DPR RI," ucap dia.

Baca Juga: 2 Menteri Jokowi Ngeband Jelang KTT ASEAN: Sandiaga Vocal, Basuki Drum

2. Dua menteri PKB juga akan nyaleg

Ini Deretan Menteri Jokowi yang Daftar Caleg pada Pileg 2024Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Dua menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yakni Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Halim Iskandar, juga bakal maju Pileg 2024.

"Insyaallah Bu Ida Fauziah akan berangkat dari Dapil II DKI Jakarta," ucap Wakil Ketua Umum PKB, Jaziul Fawaid, beberapa waktu lalu.

3. PDIP akan daftarkan semua menteri Jokowi jadi caleg

Ini Deretan Menteri Jokowi yang Daftar Caleg pada Pileg 2024Bendera PDI Perjuangan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara, PDI Perjuangan (PDIP) akan mendaftarkan semua menterinya yang ada di Kabinet Indonesia Maju sebagai bakal caleg.

Diketahui, menteri PDIP di pemerintahan Jokowi antara lain Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PPPA Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri PANRB Azwar Anas, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Nama-nama siapa saja yang akan menjadi votegaters, nama-nama mana saja yang mewakili di akademisi, tokoh-tokoh budaya, menteri dalam Kabinet Bapak Pesiden Jokowi yang akan dicalonkan PDIP," kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin, 8 Mei 2023.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/a7_KWD6OjRM

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya