IKN Dinilai Bisa Jadi Kota Masa Depan bagi Gen Z dan Milenial

Konsep pembangunan IKN dinilai relate Gen Z dan Milenial

Jakarta, IDN Times - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur merupakan salah satu proyek terbesar yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia. Tidak hanya sekadar upaya untuk mengurangi beban Jakarta, IKN juga diharapkan menjadi pusat inovasi dan pertumbuhan ekonomi yang didesain untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi generasi mendatang, terutama Generasi Z dan milenial.

"Gen Z dan milenial adalah generasi yang akan merasakan hasil dari pembangunan IKN, karena proses pembangunan ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar," ujar Juru Bicara Forum Bersama untuk IKN, Faridah, di Jakarta, Kamis (15/8/2024).

1. Prinsip dasar pembangunan IKN sesuai dengan perilaku Gen Z dan Milenial

IKN Dinilai Bisa Jadi Kota Masa Depan bagi Gen Z dan MilenialForum Bersama untuk IKN (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Menurutnya, dasar yang diusung dalam pembangunan IKN dirancang untuk menciptakan kota pintar yang inklusif dan modern, sesuai dengan karakteristik generasi muda. Rita menambahkan bahwa Generasi Z dikenal sebagai generasi yang melek digital dan memiliki pemahaman yang baik tentang konsep negara yang ideal.

"Teman-teman Gen Z adalah mereka yang melek digital dan paham bagaimana negara yang baik seharusnya dibangun. Pemerintah berhasil melakukan peletakan dasar IKN dengan konsep yang relate dengan buah pemikiran Gen Z," ungkapnya.

Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah tidak hanya membangun infrastruktur fisik, tetapi juga merancang IKN dengan memperhatikan nilai-nilai yang penting bagi generasi muda.

Pembangunan IKN juga membawa harapan baru bagi perkembangan ekonomi dan sosial di Indonesia. Dengan adanya kota baru yang dirancang secara modern dan berkelanjutan, diharapkan akan terjadi lonjakan dalam berbagai sektor, termasuk teknologi, pendidikan, dan bisnis. Gen Z dan milenial, yang akan menjadi mayoritas populasi di masa depan, akan memiliki kesempatan untuk berkembang dan berinovasi di lingkungan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Baca Juga: Walhi: 17 Agustusan di IKN Rayakan Kerusakan Jakarta yang Ditinggalkan

2. Pembangunan IKN bentuk keberanian

IKN Dinilai Bisa Jadi Kota Masa Depan bagi Gen Z dan MilenialForum Bersama untuk IKN (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sekjen Forum Bersama untuk IKN, Martin Uung mengatakan IKN merupakan bentuk keberanian pemerintahan Presiden Jokowi.

"Ini bentuk keberanian pemerintahan saat ini," kata dia.

Direktur Bisnis dan Ekonomi Forum Bersama untuk IKN, Lukman Hakim, menekankan pentingnya membangun citra positif bagi IKN di mata publik.

"IKN butuh suatu public relationship yang positif. Jadi kita semua harus berupaya membangun persepsi publik yang baik, sehingga kita bisa membuat iklan yang menarik dan dapat menjangkau investor, baik dari dalam negeri maupun luar negeri," ucap Lukman.

3. IKN untuk pemerataan pembangunan dan ekonomi di Indonesia

IKN Dinilai Bisa Jadi Kota Masa Depan bagi Gen Z dan MilenialForum Bersama untuk IKN (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lukman juga menyoroti visi besar Presiden Joko Widodo dalam proyek ini, yang bertujuan untuk mendistribusikan pembangunan secara lebih merata di seluruh wilayah Indonesia, tidak hanya terpusat di Pulau Jawa.

"IKN ini bagus, dari Pak Jokowi itu untuk pemetaan pembangunan nasional, jadi tidak hanya Jawa sentris," ujar Lukman.

Dengan keberadaan IKN di luar Jawa, diharapkan terjadi pemerataan ekonomi yang dapat mendorong pertumbuhan di daerah-daerah lain, sehingga seluruh Indonesia bisa maju bersama. Lukman menjelaskan bahwa keberhasilan IKN sangat bergantung pada kemampuan Indonesia untuk menarik investasi asing.

"Ini kalau mau maju, semua pendapatan GDP harus bisa meningkat. Untuk bisa meningkat, harus ada investasi di Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Tambah Syarat Penggunaan Tenaga Kerja Asing di IKN

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya