HUT ke-79 RI: Jokowi Upacara di IKN, Wapres Ma'ruf Amin di Jakarta

Jokowi didampingi Prabowo, Wapres Ma'ruf didampingi Gibran

Intinya Sih...

  • Pemerintah persiapkan IKN sebagai lokasi utama upacara HUT ke-79 RI
  • Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara di IKN, Wapres Ma'ruf Amin di Jakarta
  •  

Jakarta, IDN Times - Pemerintah terus mempersiapkan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai lokasi utama upacara peringatan HUT ke-79 RI. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan, perayaan HUT ke-79 RI dibagi dua.

"Ya, sebagian di IKN, sebagian di sini (Jakarta)," ujar Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6/2024).

Baca Juga: Dari 16 Ribu, ASN yang Akan Dipindahkan ke IKN Nyusut Jadi 3 Ribu

1. Jokowi akan upacara di IKN, Wapres di Jakarta

HUT ke-79 RI: Jokowi Upacara di IKN, Wapres Ma'ruf Amin di JakartaMomen lagu Maumere yang diputar saat demo udara yang membuat Istana Merdeka bergoyang. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Muhadjir mengatakan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN. Sedangkan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, menjadi inspektur upacara di Jakarta.

"Nanti Pak Wapres terpilih (Gibran) dampingi Wapres (Ma'ruf Amin), Presiden terpilih (Prabowo) akan dampingi Presiden (Jokowi)," kata dia.

Nantinya, kata Muhadjir, akan ada hiburan usai upacara HUT ke-79 RI di IKN dan Jakarta.

Baca Juga: Jokowi Undang Eks Bos IKN Hadiri HUT RI di Ibu Kota Negara Nusantara

2. Infrastruktur di IKN disebut sudah siap

HUT ke-79 RI: Jokowi Upacara di IKN, Wapres Ma'ruf Amin di JakartaTitik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Muhadjir mengatakan, infrastruktur di IKN sudah siap, termasuk Bandara IKN. Menurutnya, kepastian Bandara IKN bisa digunakan atau tidak ditentukan pada Juli 2024.

"Bandara kan kepastiannya akhir Juli, nanti akan dipastikan fungsional bandara sehingga tamu gak mesti ke Balikpapan, tapi ke bandara baru. Jalan tol sudah aman, tapi nunggu akhir Juli," ucap dia.

Lebih lanjut, kata Muhadjir, progres pembangunan Bandara IKN sudah 90 persen. Dia mengatakan, waktu untuk Bandara IKN mendapat sertifikasi kelayakan juga cukup.

"Tadi laporan Pak Menhub di atas 90 persen, waktunya cukup (soal sertifikat bandara), urusan Pak Menhub itu," ujar Muhadjir.

Baca Juga: Respons Istana soal SYL Minta Jokowi Jadi Saksi Meringankan

3. Jokowi ingin perayaan upacara HUT ke-79 RI jadi perhatian semua pihak

HUT ke-79 RI: Jokowi Upacara di IKN, Wapres Ma'ruf Amin di JakartaPresiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Muhadjir mengatakan, Presiden Jokowi ingin perayaan HUT ke-79 RI menjadi perhatian semua pihak. Namun Muhadjir juga belum memastikan apakah mantan presiden dan wakil presiden akan diundang ke IKN atau tidak.

"Itu masih diusulkan (mantan presiden dan wakil presiden diundang). Tadi Pak Presiden rekomendasi kan pokoknya harus jadi perhatian para tokoh-tokoh apakah di sini (Jakarta) dan IKN," kata dia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Nego Sapi Bule 1,1 Ton untuk Kurban di Palembang

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya