Hasto Percaya Diri Koalisi Besar Terbentuk setelah PDIP Umumkan Capres

PDIP mengaku sering berkomunikasi politik dengan parpol lain

Jakarta, IDN Times - Sejumlah partai pendukung Pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo sedang menggodok wacana koalisi besar untuk pilpres 2024. Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyakini koalisi besar itu akan terjadi setelah PDIP mengumumkan capres 2024.

Hasto mengatakan, PDIP kerap menjalin komunikasi dengan berbagai pimpinan partai politik. Hanya saja, komunikasi itu dilakukan tertutup.

"Komunikasi terus dilakukan dan apa yang dilakukan oleh Golkar, misalnya, dengan bertemu Gerindra dan PDI Perjuangan juga sebetulnya mengadakan banyak pertemuan dengan pimpinan partai hanya sifatnya berbeda. Yang satu terbuka, bagi PDI Perjuangan sifatnya banyak yang tertutup," ujar Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (15/4/2023).

"Tetapi, apa yang dilakukan ujung-ujungnya kan akan berbicara siapa yang menjadi capres, siapa yang menjadi cawapres. Sehingga, dalam konteks komunitas politik yang dilakukan gagasan kerja sama besar, sangat bagus itu positif. Tetapi konsolidasi dari kedua sama itu akan terjadi setelah nanti diumumkan siapa capresnya dari PDIP," sambungnya.

Baca Juga: PDIP Diramal Bakal Jadi Penentu dalam Koalisi Besar

1. 1. PDIP tak ingin pakai istilah koalisi

Hasto Percaya Diri Koalisi Besar Terbentuk setelah PDIP Umumkan CapresSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Hasto menyebut PDIP tak ingin menggunakan istilah koalisi. PDIP memilih menggunakan diksi kedua sama partai politik.

"PDI Perjuangan menggunakan diksi kerja sama partai politik dan kerja sama partai politik ini sudah dilakukan sejak mengusung pemerintahan Jokowi," ucap dia.

Hasto mengatakan, dalam mengusung capres-cawapres juga harus mempertimbangkan kekuatan dari parlemen. Hal itu diperlukan karena itu merupakan dukungan dari rakyat.

"Arahnya memang dukungan dari rakyat, di dalam pilpres harus senapas dengan dukungan dari DPR berupa kekuatan 50 persen plus 1, guna memastikan efektivitas jalannya pemerintahan presidensial," kata dia.

 

Baca Juga: Pengamat Nilai Erick Thohir Cocok Jadi Cawapres Koalisi Besar

2. PDIP diramal bakal jadi penentu koalisi besar

Hasto Percaya Diri Koalisi Besar Terbentuk setelah PDIP Umumkan CapresBendera PDI Perjuangan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo mengatakan bahwa PDIP akan menjadi penentu skenario Koalisi Besar dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ari menilai PDIP mulai ‘bergerak’ ketika muncul wacana Koalisi Besar. Di samping itu, PDIP juga dinilai punya pengaruh besar dalam terbentuknya koalisi gabungan dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkita Indonesia Raya (KKIR).

“Koalisi besar akan seperti apa, skenario itu bergantung pada posisi PDIP,” kata Ari di Jakarta, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga: Yusril Ingatkan Koalisi Besar Berpotensi Sebabkan Satu Paslon di 2024

3. Wacana koalisi besar dan gerakan PDIP

Hasto Percaya Diri Koalisi Besar Terbentuk setelah PDIP Umumkan CapresBendera PDI Perjuangan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ari melihat PDIP cenderung tak memberikan respons ketika muncul koalisi, baik itu KIB, KKIR, atau Koalisi Perubahan yang digagas NasDem-Demokrat-PKS. Namun ketika muncul wacana pembentukan Koalisi Besar, PDIP justru ikut ‘nimbrung’ meski belum resmi menyatakan dukungannya.

“PDIP tidak pernah menyoal koalisi, tapi wacana koalisi besar dilontarkan itu mulai ikut nimbrung dan berinisiatif bergabungke koalisi besar,” ujarnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya