Golkar Kebut Dongkrak Elektabilitas RK di Jakarta dan Jabar

Elektabilitas RK di Jakarta di bawah Anies dan Ahok

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan, partainya terus mendongkrak elektabilitas mantan Gubernur Jawa Barat agar bisa bagus di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Dalam survei terbaru Litbang Kompas, elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta berada di bawah Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Masih ada waktu satu bulan untuk bekerja keras (mendongkrak elektabilitas RK)," ujar Airlangga di Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Baca Juga: Zulhas Sebut Ridwan Kamil Fokus Maju di Pilkada Jabar

1. Elektabilitas Ridwan Kamil di Jawa Barat tinggi

Golkar Kebut Dongkrak Elektabilitas RK di Jakarta dan JabarMantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (IDN Times/Tata Firza)

Airlangga menyampaikan, Golkar terus mendongkrak elektabilitas Ridwan Kamil di Jawa Barat dan Jakarta. Menurutnya, elektabilitas Ridwan Kamil di Jawa Barat sudah tinggi.

"Ya kan kita sudah memberikan penugasan ke Ridwan Kamil untuk di Jakarta atau di Jawa Barat, tentu Jawa Barat suaranya sudah lebih dari 52 persen, tapi kami minta yang 8 persen itu untuk dinaikkan, karena partai akan memutuskan apabila ini sudah parlevel dengan calon calon lain," kata dia.

"Tentu dua-duanya (elektabilitas RK di Jabar dan DKI) kita dongkrak dulu," kata dia.

Baca Juga: Kaesang Usulkan Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jakarta

2. Hasil survei Litbang Kompas

Golkar Kebut Dongkrak Elektabilitas RK di Jakarta dan JabarIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Litbang Kompas merilis hasil survei elektabilitas sejumlah nama yang diisukan akan maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Hasilnya, Anies Baswedan menjadi yang tertinggi dengan 29,8 persen.

Litbang Kompas melakukan survei pada 15-20 Juni 2024 dengan melibatkan 400 responden secara acak di DKI Jakarta. Metode yang digunakan yakni pencuplikan sistematis bertingkat.

Tingkat kepercayaan pada survei tersebut sekitar 95 persen, dan margin of error sekitar 4,9 persen. Survei tersebut sepenuhnya dibiayai PT Kompas Media Nusantara.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati urutan pertama, disusul mantan gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Sedangkan, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di urutan ketiga, disusul Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Berikut hasil survei elektabilitas sejumlah nama di DKI Jakarta:
- Anies Baswedan: 29,8 persen
- Basuki Tjahaja Purnama: 20 persen
- Ridwan Kamil: 8,5 persen
- Erick Thohir: 2,3 persen
- Sri Mulyani: 1,3 persen
- Tri Rismaharini: 1 persen
- Heru Budi Hartono: 1 persen
- Kaesang Pangarep: 1 persen
- Andika Perkasa: 1 persen
- Lainnya: 4,3 persen
- Tidak tahu/tidak jawab: 30 persen.

3. Anies berpotensi dipilih pada Pilkada DKI Jakarta

Golkar Kebut Dongkrak Elektabilitas RK di Jakarta dan JabarAnies Baswedan sambangi markas Pemuda Pancasila DKI Jakarta (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Litbang Kompas juga menanyakan kepada responden mengenai siapa yang berpotensi dipilih pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Hasilnya, Anies Baswedan juga unggul.

- Anies Baswedan: 39 persen
- Basuki Tjahaja Purnama: 34,5 persen
- Ridwan Kamil: 24 persen
- Erick Thohir: 16 persen
- Sri Mulyani: 10,3 persen
- Kaesang Pangarep: 9,8 persen
- Andika Perkasa: 7,8 persen
- Tri Rismaharini: 6,5 persen
- Heru Budi Hartono: 2,8 persen.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya