Glamping Akan Jadi Penginapan Petugas Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Sejumlah tempat disiapkan untuk menginap

Jakarta, IDN Times - Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan pemerintah menyiapkan glamping untuk tempat menginap petugas upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selain itu, tower tempat tinggal ASN hingga hotel juga disiapkan untuk peserta upacara.

"Kami nanti kami persiapkan rumah tinggal ASN, ada beberapa hotel dan tentunya glamping perkemahan yang kita gunakan untuk peserta atau petugas," ujar Heru di Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (6/8/2024).

1. Jokowi panggil sejumlah kepala daerah sebelum HUT ke-79 RI di IKN

Glamping Akan Jadi Penginapan Petugas Upacara HUT ke-79 RI di IKNPresiden Jokowi pimpin Rapat Terbatas terkait Rencana Kerja Pemerintah, Nota Keuangan, dan RAPBN Tahun 2025 di Kantor Presiden, Senin (5/8/2024). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Heru mengatakan, Presiden Jokowi juga akan memberikan arahan khusus kepada 13 kepala daerah sebelum upacara HUT RI ke-79 di IKN. Sejumlah kepala daerah itu akan dipanggil pada 13 Agustus 2024. 

"Iya, 13 gubernur se-Indonesia dikumpulkan, Pj gubernur oleh Pak Presiden. Pertama adalah bupati, wali kota pukul 9 pagi, setelah itu pukul 10 dilanjutkan para gubernur, tentunya memberikan pengarahan kepada bupati wali kota dan gubernur,” ucap dia.

Meski tidak membeberkan 13 nama kepala daerah yang dipanggil Jokowi, Heru menyebut, kepala daerah tersebut akan mendapatkan pengarahan terkait tahapan proses Pilkada 2024.

"Jadi wilayah masing-masing harus aman, menjaga netralitas, lantas juga bisa merealisasikan kegiatan kegiatan RPJPD, rencana pembangunan jangka pendek daerah," kata dia.

Baca Juga: KSAL: Pasukan TNI yang Bertugas di IKN akan Menginap di Kapal Perang

2. Pemerintah sediakan sejumlah tempat menginap untuk peserta upacara

Glamping Akan Jadi Penginapan Petugas Upacara HUT ke-79 RI di IKNKonferensi pers Bulan Kemerdekaan 2024 di Kementrian Sekretariat Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menjelaskan ada sejumlah tempat yang disiapkan untuk tempat menginap peserta upacara HUT ke-79 RI.

"Ada 4 kantor Kemenko, masing-masing ada 4 tower, jadi ada 16 tower di sana, progresnya lebih dari 80 persen. Kemenko 1 akan dimanfaatkan (selesai) 1 tower, kemenko 2 selesai 1 tower dalam rangka 17 Agustus, ini semua akhir 2024 sampai september nanti, Kemenko 3 ada 2 tower yang akan selesai sebelum 17 Agustus ini dan kemenko 4, 3 tower," ujar Basuki dalam konferensi pers di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis, 1 Agustus 2024.

"Masing-masing tower yang berfungsi tadi, semua ada 2-3 lantai untuk menampung ASN dan petugas upacara," sambungnya.

Baca Juga: Bukan Seribu, Ini Jumlah Mobil yang Disewa Istana untuk HUT RI di IKN

3. Pengaturan tempat menginap oleh Kementerian Sekretariat Negara

Glamping Akan Jadi Penginapan Petugas Upacara HUT ke-79 RI di IKNKonferensi pers Bulan Kemerdekaan 2024 di Kementrian Sekretariat Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Basuki mengatakan, pengaturan tempat menginap peserta dan petugas upacara dilakukan Kementerian Sekretariat Negara.

"Untuk tamu dan peserta upacara, jadi hunian ASN, rumah menteri semua diatur langsung oleh Setneg pemanfaatannya untuk 17 Agustus 2024," kata dia.

Berdasarkan paparan Basuki, ada 14 rumah dinas menteri, 14 hunian ASN dan 7 tower kantor kementerian koordinator yang akan dimanfaatkan menjadi tempat menginap peserta dan petugas upacara HUT ke-79 RI.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya