Gelar Wayang Kulit Bareng Anies, PKS Harap Regenerasi Kepemimpinan

Pagelaran wayang kulit ini berjudul Parikesit Jumeneng Ratu

Jakarta, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar acara wayang kulit bersama Anies Baswedan pada Minggu (27/8/2023) malam. Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid mengatakan pagelaran wayang kulit ini berjudul Parikesit Jumeneng Ratu.

"Lakon yang sengaja dipilihkan adalah lakon yang amat sangat korelatif dan amat sesuai dengan apa yang kita pikirkan dan apa kita perjuangkan bersama yaitu Parikesit jumeneng Ratu kita mengetahui bahwa ini adalah sebuah cerita tentang bagaimana regenerasi kepemimpinan terjadi," ujar Hidayat dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Senin (28/8/2023).

Baca Juga: Anies Sambangi Kediaman Ketua Majelis Syuro PKS, Bahas Strategi Pemilu

1. PKS ceritakan sosok Parikesit

Gelar Wayang Kulit Bareng Anies, PKS Harap Regenerasi KepemimpinanWakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) HIdayat Nur Wahid (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Dalam sambutannya, Hidayat Nur Wahid menceritakan kehebatan sosok Parikesit. Menurutnya, Parikesit merupakan tokoh yang bisa melanjutkan kehidupan berbangsa dan bernegara di masanya.

"Bagaimana Parikesit yang adalah generasi cucu dari Amarta yang memenangkan perang Baratayuda beliau adalah cucunya Arjuna adalah putranya Abimanyu Angka Wijaya dengan istri beliau Dewi Utari Parikesit adalah generasi cucu yang kemudian terbukti bukan hanya bisa melanjutkan kehidupan berbangsa bernegara Pada era itu," ucap dia.

Baca Juga: Duet Ganjar-Anies, Sandiaga Siap Rangkul PKS dan Partai Demokrat

2. PKS harap ada regenerasi pemimpin di Indonesia

Gelar Wayang Kulit Bareng Anies, PKS Harap Regenerasi KepemimpinanPKS buat pagelaran wayaang kulit bareng Anies Baswedan (dok. PKS)

Hidayat berharap, Parikesit bisa menjadi inspirasi hadirnya regenerasi pemimpin di Indonesia. Sehingga, mampu membawa perubahan yang baik sesuai apa yang dicita-citakan para pendiri bangsa.

"Kita berharap ini semua memberikan inspirasi kepada kita bahwa adanya kelanjutan dan adanya perubahan adanya regenerasi kepemimpinan adalah suatu hal yang sangat-sangat wajar saja itu menjadi bagian dari budaya Indonesia Budaya wayang yang mudah dan bisa kita hayati secara lebih baik," kata dia.

Baca Juga: Bertemu SBY, Anies dan Tim 8 Susun Strategi Kampanye

3. Alasan PKS gelar acara wayang kulit

Gelar Wayang Kulit Bareng Anies, PKS Harap Regenerasi KepemimpinanWakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW). (ANTARA FOTO/Yashinta Difa)

Hidayat menjelaskan alasan PKS menggelar acara wayang kulit. Menurutnya, partai politik tidak selalu menjalankan acara politik praktis, tetapi juga bisa menggunakan politik kebudayaan.

"PKS mensyukuri karunia Allah yang bernama kemerdekaan Indonesia tapi sekaligus mensyukuri bahwa Allah memberikan kita karunia nikmat untuk bisa menikmati Indonesia merdeka melalui menikmati kebudayaan yang ada di Indonesia inilah salah satu pembuktian bahwa partai politik memang tidak hanya berurusan terkait dengan Pemilu atau politik praktis tapi juga politik kebudayaan," kata dia.

"Salah satu adalah nguri-nguri menyemarakkan kehidupan berbangsa kita melalui kebudayaan yang ada yakni wayang kulit wayang adalah budaya Indonesia yang sudah diakui di UNESCO sebagai warisan budaya dunia," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya