Ganjar Ngaku Selalu Libatkan Ulama dalam Keputusan Penting

Ganjar sebut ulama kerap memberi masukan yang sejuk

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo menyebut hubungannya dengan para ulama sangat dekat. Dia mengaku, ketika akan memutuskan kebijakan penting, selalu bertanya kepada ulama.

Hal itu Ganjar sampaikan usai berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin, Surabaya, Jawa Timur.

"Banyak persoalan waktu saya jadi gubernur yang selesai dengan bantuan ulama dan tokoh agama. Kalau ada persoalan rumit dan ini membutuhkan perhatian banyak orang, saya selalu bertanya pertama pada tokoh agama dan ulama," ujar Ganjar dalam keterangannya, Jumat (22/9/2023).

Baca Juga: Janji Ganjar Buat Sekolah Gratis di Indonesia

1. Para ulama berikan masukan yang menyejukkan

Ganjar Ngaku Selalu Libatkan Ulama dalam Keputusan PentingBacapres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin Surabaya (IDN Times/Istimewa)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, para ulama senantiasa memberikan masukkan yang menyejukkan. Sehingga, keputusan yang diambil juga bisa bermanfaat untuk masyarakat.

"Para ulama dan tokoh agama itu banyak memberikan petuah dan masukan dengan cara yang menyejukkan dan ketika berkaitan dengan kemasyarakatan, dengan melibatkan para ulama dan tokoh agama ini, keteduhan muncul. Masyarakat merasa tenang," ucap dia.

Baca Juga: PDIP Masih Buka Peluang Ganjar Duet dengan Prabowo di Pilpres 2024

2. Ganjar sebut, kehadiran ulama merupakan modal besar bagi Indonesia

Ganjar Ngaku Selalu Libatkan Ulama dalam Keputusan PentingBacapres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin Surabaya (IDN Times/Istimewa)

Ganjar menyebut kehadiran ulama merupakan modal besar Indonesia. Sebab, saran dan masukan dari para ulama kerap berdampak positif.

"Dari tingkat kecepatan memutuskan dan keteduhan, para ulama dan tokoh masyarakat ini sangat berperan dan itu menjadi modal dasar untuk kita membangun Indonesia. Kan jadi sejuk semua," kata dia.

3. Ganjar ziarah ke makam Syekh Utsman

Ganjar Ngaku Selalu Libatkan Ulama dalam Keputusan PentingGanjar Pranowo ziarah ke makam Syekh KH. Muhammad Utsman Al Ishaqym yang merupakan pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga berziarah ke makam Syekh KH. Muhammad Utsman Al Ishaqym yang merupakan pendiri Ponpes Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin.

"Keluarga besarnya menceritakan peran beliau yang ada di sini kemasyarakatan," ucap dia.

Ganjar kemudian memuji ketokohan Syekh Utsman. Menurutnya, Syekh Utsman memiliki banyak manfaat di masa hidupnya di bidang pendidikan agama, hingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Membuat ketokohan seseorang itu sangat bisa mempengaruhi banyak hal, ya pendidikan, ya karakter, ya mental seseorang, dan ternyata itu terceritakan ke banyak tempat, sehingga betul-betul menjadi tokoh yang diikuti dan terbukti dan akhirnya itu bisa membuktikan manfaat yang banyak," imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya