Ganjar Janji Buat Pendidikan Berkualitas: Siapkan Anak Muda Adaptif

Ganjar ingin generasi muda adaptif terhadap industri

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, berjanji membuat pendidikan yang berkualitas. Hal itu dilakukan agar generasi muda bisa adaptif terhadap industri.

“Dalam sistem pendidikan kita, mesti kita siapkan anak-anak yang adaptif. Satu mengundang investasi agar lapangan kerja kita juga bisa lebih terpenuhi. Kalau mau investasi jangan dipersulit, harus dimudahkan,” ujar Ganjar dalam keterangannya, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: Strategi Ganjar untuk Tingkatkan Ekonomi Menuju Indonesia Emas

1. Generasi muda harus bisa beradaptasi di era digital

Ganjar Janji Buat Pendidikan Berkualitas: Siapkan Anak Muda Adaptifganjar Pranowo di acara musik Pestapora (IDN Media/Herka Yaris)

Menurutnya, generasi muda harus bisa beradaptasi di era digital. Sebab, saat ini dunia cepat berubah.

Ganjar mengatakan, di era kekinian, banyak jenis pekerjaan baru yang bisa dimanfaatkan oleh generasi muda. Oleh karena itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia harus ditingkatkan.

Baca Juga: Permintaan Jokowi ke Mahfud Usai Jadi Bacawapres Ganjar

2. Lapangan pekerjaan di semua daerah ada

Ganjar Janji Buat Pendidikan Berkualitas: Siapkan Anak Muda Adaptifganjar Pranowo di acara musik Pestapora (IDN Media/Herka Yaris)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, sebetulnya di semua daerah ada lapangan pekerjaan. Asalkan, kualitas SDM-nya unggul.

“Lapangan kerja itu hampir semua daerah ya (dibutuhkan), apalagi masuk era digital ini begitu masif, ada sektor lapangan kerja yang hilang tapi ada juga lapangan pekerjaan baru yang muncul,” ucap dia.

3. Ganjar ingin generasi muda jadi entrepreneur

Ganjar Janji Buat Pendidikan Berkualitas: Siapkan Anak Muda AdaptifGanjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Lebih lanjut, Ganjar mengaku ingin generasi muda menjadi entrepreneur. Dia menyebut, dengan semakin banyak pengusaha, ekonomi Indonesia tumbuh semakin cepat.

“Membangun entrepreneur baru dengan pelatihan, akses permodalan, dan pendampingan. Itu yang mesti ada agar kemudian mereka perlu mendapatkan ruang untuk mereka berkreasi,” imbuhnya.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya