Ganjar Ajak Mahasiswa Masuk Politik saat Bertemu BEM se-Malang Raya

Ganjar mengaku menyerap sejumlah aspirasi

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo bertemu dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Malang Raya di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), pada Senin (16/10/2023). Dalam pertemuan itu, Ganjar menyerap sejumlah aspirasi dari mahasiswa.

Salah satunya, Ganjar diminta bisa menegakkan hukum dan objek terhadap prosesnya. Ganjar juga diminta membuat hukum lebih berintegritas.

“Mereka (mahasiswa) punya kepedulian pada lingkup kecil kampusnya, pada olahraga, pada ketidakadilan. Jadi ini memang idealisme khas mahasiswa. Maka saya bilang, pelihara itu, jaga itu,” ujar Ganjar.

Baca Juga: Ganjar Ajak Mahasiswa Tangkap Peluang di Ekonomi Biru dan Hijau

1. Aspirasi dari mahasiswa bakal dicatat

Ganjar Ajak Mahasiswa Masuk Politik saat Bertemu BEM se-Malang RayaGanjar Pranowo bertemu dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Malang Raya di Kabupaten Malang, Jawa Timur (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengaku, aspirasi mahasiswa akan dicatat. Menurutnya, aspirasi itu juga akan dijadikan bekal dalam menghadapi kontestasi Pilpres 2024.

“Kepedulian yang sangat tinggi inilah yang kita harapkan tadi, mereka praktek sekaligus menjadi penjaga moral. Sehingga nanti kalau offside, merekalah yang pertama paling keras mengingatkan,” ucap Ganjar.

Baca Juga: Usai Nonton MotoGP, Ganjar Berkunjung ke Pesantren di NTB

2. Ganjar ajak mahasiswa terjun ke politik

Ganjar Ajak Mahasiswa Masuk Politik saat Bertemu BEM se-Malang RayaGanjar Pranowo bertemu dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Malang Raya di Kabupaten Malang, Jawa Timur (IDN Times/Istimewa)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu kemudian mengajak mahasiswa untuk terjun ke politik. Alasannya, agar bisa lebih bermanfaat untuk bangsa dan negara.

“Tapi saya ingatkan, kalau kamu dapat kekuasaan, ingat, kamu pun bisa tergoda karena akan masuk pada jebakan-jebakan yang mengerikan. Itulah yang perlu dilatih mulai hari ini,” kata dia.

3. Ganjar ajak mahasiswa tangkap peluang di ekonomi biru dan hijau

Ganjar Ajak Mahasiswa Masuk Politik saat Bertemu BEM se-Malang RayaGanjar Pranowo bertemu dengan sejumlah mahasiswa di di Universitas Negeri Malang (UNM), Malang, Jawa Timur (Jatim), Senin (16/10/2023) (IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Ganjar Pranowo bertemu dengan sejumlah mahasiswa di di Universitas Negeri Malang (UNM), Malang, Jawa Timur (Jatim), Senin (16/10/2023). Dalam pertemuan itu, Ganjar mengajak mahasiswa untuk bisa menangkap peluang pengembangan ekonomi biru dan hijau.

Ganjar menerangkan, berdasarkan data dari Kementerian Keuangan tahun 2022, hanya 2,8 persen kontribusi kelautan dan perikanan pada Produk Domestik Broto (PDB). Padahal, 62 persen wilayah Indonesia adalah laut.

“Maka penangkapan ikan harus terukur. Dunia digital bisa melakukan itu, bagaimana seluruh instrumen kita gunakan dan akhirnya kita akan wise,” ujar Ganjar.

Ganjar mengatakan, ekonomi biru yang bisa dikembangkan adalah sektor pariwisata. Menurutnya, kontribusi pariwisata Indonesia pada Gross Domestic Product (GDP) baru 5 persen.

Oleh karena itu, Ganjar berharap ada penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang harus dilakukan pemerintah. Salah satunya melalui pendidikan.

“Sehingga sekolah vokasi keterampilan wisata dan generasi muda yang ikut kelompok sadar wisata akan bagus. Kalau kita bisa memberdayakan kelompok sadar wisata, kebayang tidak bagusnya,” katanya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya