Ganjar Ajak Anak Muda Berperan Aktif Wujudkan Indonesia Emas 2045

Kualitas SDM anak muda harus ditingkatkan

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, mengisi kuliah umum di Universitas Bandar Lampung dengan tema "Menyongsong Kepentingan Indonesia Emas 2045". Dalam acara tersebut, Ganjar mendorong anak muda aktif mewujudkan Indonesia emas 2045.

“Kalau kita ingin mempercepat (Indonesia Emas 2045), maka anak muda berperan, aktif bergerak, dan aktif memberikan pendapat,” ujar Ganjar dalam keterangannya, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: Strategi Ganjar untuk Tingkatkan Ekonomi Menuju Indonesia Emas

1. Menuju Indonesia emas 2045 membutuhkan peran anak muda

Ganjar Ajak Anak Muda Berperan Aktif Wujudkan Indonesia Emas 2045ganjar Pranowo di acara musik Pestapora (IDN Media/Herka Yaris)

Dalam kesempatan itu, Ganjar menegaskan, menuju Indonesia emas 2045 perlu peran aktif anak muda. Sebab, anak muda saat ini adalah mereka yang akan menjadi penerus Indonesia di 2045.

“Kita ingin mempercepat, maka anak muda harus berperan, karena ingat 60 persen lebih lho itu yang menentukan anak muda. Produktif, pintar sekolah, punya jejaring, mengerti dunia digital,” ucap dia.

Baca Juga: Permintaan Jokowi ke Mahfud Usai Jadi Bacawapres Ganjar

2. Generasi muda kualitas SDM-nya harus ditingkatkan

Ganjar Ajak Anak Muda Berperan Aktif Wujudkan Indonesia Emas 2045Bacapres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo hadir di Rakernas IV PDIP (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menegaskan, kualitas sumber daya manusia (SDM) harus ditingkatkan, terutama pada generasi muda.

“Anda mau memilih yang mana? Indonesia Emas 2045, Gross Domestic Product (GDP) kita naik, pendapatan per kapita naik, ekonomi berkelanjutan naik, tidak ada orang miskin,” kata dia.

3. Kualitas pendidikan harus ditingkatkan

Ganjar Ajak Anak Muda Berperan Aktif Wujudkan Indonesia Emas 2045Bacapres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo hadir di Rakernas IV PDIP (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Ganjar berjanji membuat pendidikan yang berkualitas. Hal itu dilakukan agar generasi muda bisa adaptif terhadap industri.

“Dalam sistem pendidikan kita, mesti kita siapkan anak-anak yang adaptif. Satu mengundang investasi agar lapangan kerja kita juga bisa lebih terpenuhi. Kalau mau investasi jangan dipersulit, harus dimudahkan,” ujar dia.

Menurutnya, generasi muda harus bisa beradaptasi di era digital. Sebab, saat ini dunia cepat berubah.

Ganjar mengatakan, di era kekinian, banyak jenis pekerjaan baru yang bisa dimanfaatkan oleh generasi muda. Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM Indonesia harus ditingkatkan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya