Eriko: Kalau PDIP Usung Anies di Pilkada DKI, Cawagubnya Kader Kami

Apakah PKS setuju?

Intinya Sih...

  • Anies Baswedan diusulkan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta oleh PDI Perjuangan, dengan syarat calon Wakil Gubernur harus berasal dari partai tersebut.
  • PKS belum menyetujui jika Cawagub DKI Jakarta yang mendampingi Anies berasal dari PDI Perjuangan, namun PKB sudah berkomunikasi dengan PDIP.
  • Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri belum memutuskan siapa yang akan diusung pada Pilkada DKI Jakarta 2024, namun nama Anies Baswedan dan Ahok menguat di internal PDIP.

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan, Eriko Sotarduga, menilai Anies Baswedan merupakan sosok potensial untuk diusung pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Dia pun mengusulkan jika Anies diusung pada Pilkada DKI Jakarta, calon wakil gubernurnya harus dari PDI Perjuangan.

"Kami pun misalnya kalau dikatakan mengusulkan satu nama, contohnya Pak Anies. Tapi kan kami tidak cukup (kursi mengusung Anies), hanya sendiri kan begitu kan. Nah apakah misalnya Pak Anies calon Gubernur, kami tentu mengisyaratkan untuk mengisi dengan kader kami, kan begitu kan. Karena kami kan urutan nomor 2 di Jakarta, sudah sewajarnya kader kami harus mendampingi kan begitu," ujar Eriko kepada jurnalis, Senin (15/7/2024).

Baca Juga: PDIP Sebut Nama Anies hingga Ahok Kuat di Internal Maju Pilkada DKI

1. Apakah PKS setuju?

Eriko: Kalau PDIP Usung Anies di Pilkada DKI, Cawagubnya Kader KamiAnies Baswedan dan Sohibul Iman (ANTARA FOTOIDN Times/Amir Faisol)

Eriko mengatakan PKS belum menyampaikan persetujuannya perihal usulan cawagub DKI Jakarta yang mendampingi Anies berasal dari PDI Perjuangan. Sebab, PKS juga sudah mengumumkan bakal cawagubnya adalah Sohibul Iman yang akan maju bersama Anies Baswedan.

"Tetapi apakah juga partai lain menyetujui hal itu? Kan belum tentu. Betul kan, contoh seperti PKS mensyaratkan wakilnya dari mereka kan begitu. Kalau PKB cukup fleksibel karena kami juga sudah berkomunikasi dengan PKB. Bahwa kemungkinan besar Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur kita bisa bersama-sama. Bahkan kalau boleh Jawa Barat juga," ucap dia.

2. PDIP sudah komunikasi nonformal dengan PKS dan PKB

Eriko: Kalau PDIP Usung Anies di Pilkada DKI, Cawagubnya Kader KamiKetua DPP PDI Perjuangan, Eriko Sotarduga (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Eriko menyampaikan, PDIP juga sudah melakukan komunikasi nonformal dengan PKS dan PKB. Kedua partai tersebut juga mendukung Anies Baswedan untuk maju di Pilkada DKI Jakarta.

"Pak Sekjen, Hasto Kristianto, saya dan juga Pak Komar, tentu sudah bicara secara non-formal kepada partai-partai yang mendukung Pak Anies," kata dia.

Baca Juga: PDIP Targetkan Menang di Pilkada Serentak 2024

3. Nama Anies hingga Ahok kuat di internal PDI Perjuangan

Eriko: Kalau PDIP Usung Anies di Pilkada DKI, Cawagubnya Kader KamiAnies Baswedan menerima dukungan dari warga Muara Baru, Jakarta Utara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Eriko menyampaikan, saat ini, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri belum memutuskan siapa yang akan diusung pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Eriko mengatakan, nama Anies Baswedan hingga Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menguat di internal PDIP

"Kalau saya, saya sudah menyebutkan 8. Tujuh saya sudah sebutkan namanya, tapi jujur kalau yang menguat itu ada 5, yang menguat ya, Pak Anies, Pak Ahok, Mas Andika, Bu Tri Risma sama Mas Djarot. Itu kalau yang kami melihat yang menguat ke arah sana," ujar dia.

Baca Juga: AHY Sebut KIM Masih Cari Sosok yang Punya Kans Menang di Pilkada DKI

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya