Dukung Prabowo Jadi Capres 2024, PKB Ingin Cak Imin Cawapresnya

Golkar juga usulkan Airlangga jadi cawapres Prabowo

Jakarta, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mendukung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

Tetapi, PKB ingin cawapres Prabowo adalah Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Cak Imin kalau itu (cawapres Prabowo)," ujar Ketua DPP PKB, Faisol Reza, di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga: Golkar Ingin Koalisi Besar Pasangkan Prabowo-Airlangga di Pilpres 2024

1. PKB usulkan Airlangga sebagai ketua tim pemenangan Prabowo-Cak Imin

Dukung Prabowo Jadi Capres 2024, PKB Ingin Cak Imin CawapresnyaKetua Umum Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar umumkan jadi koalisi inti dari koalisi besar (IDN TImes/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, PKB mengusulkan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, sebagai ketua tim pemenangan Prabowo-Cak Imin. Pernyataan Faisol itu menanggapi terkait dengan usulan Golkar yang ingin menduetkan Prabowo dengan Airlangga.

"Kita senang kalau Pak Airlangga jadi ketua tim pemenangan," ucap dia.

2. Golkar ingin pasangkan Prabowo-Airlangga

Dukung Prabowo Jadi Capres 2024, PKB Ingin Cak Imin CawapresnyaKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto ketika menerima kunjungan dari Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di rumah Kertanegara pada Minggu, 23 April 2023. (www.instagram.com/@prabowo)

Sebelumnya, Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Nusron Wahid, mengatakan partainya bersedia bergabung untuk mendukung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai capres untuk Pilpres 2024, asalkan cawapresnya Airlangga Hartarto.

"Salah satu proposal adalah Prabowo Presiden, dan Wakil Presidennya dari KIB yaitu Airlangga Hartarto. Tapi itu harus diterima, dan diterima oleh PKB dan PAN yang ikut bergabung di sini, tapi di sinilah kita bekerja supaya terjadi titik temu. Semangat kerjanya adalah niat untuk menang dan cara kerja untuk menang, dan kalau sudah ketemu semangat kerjanya, dan figur itu nomor sekian. Persentasenya sudah 70 persen," ujar Nusron di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga: Demi Pilpres 2024, Cak Imin Pertama Kalinya Tak Daftar Caleg

3. PKB dan Golkar jadi koalisi inti Koalisi Besar

Dukung Prabowo Jadi Capres 2024, PKB Ingin Cak Imin CawapresnyaKetua tim pemenangan koalisi inti dari Golkar, Nusron Wahid (batik kuning, tengah), ketua tim pemenangan koalisi inti dari PKB, Faisol Riza (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Nusron menerangkan, Golkar dan PKB saat ini terus bekerja agar Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) melebur menjadi Koalisi Besar. Bila itu terjadi, dia optimistis, Pilpres 2024 dimenangkan koalisinya.

"Jadi, kami koalisi inti ini bertugas untuk membentuk merger KIB yang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP, kalau PPP tidak mau ya sudah dengan PAN. Kemudian dengan koalisi Gerindra dan PKB. Ini Wajar kalau masing-masing koalisi akan bubar, sudah pasti nanti akan melebur. Menjadi satu, karena menjadi satu koalisi yang besar," ucap dia.

PPP sendiri sudah memiliki calon presidennya sendiri, yakni Ganjar Pranowo, dan dipastikan akan bergabung dengan PDI Perjuangan (PDIP) bersama Partai Hanura.

Lebih lanjut, Nusron mengatakan, Golkar dan PKB tak akan rebutan kursi cawapres. Sebab, PKB juga ingin Ketua Umumnya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin maju sebagai cawapres.

"Tidak memperubutkan, kami membicarakan dan saling menawarkan, dan user-nya adalah Pak Prabowo, siapa yang mau menerima siapa," kata dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

https://www.youtube.com/embed/u_L5Nok6-uM

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya