Duet Anies-Cak Imin Bocor, PKB Langsung Rapat Internal Malam Ini

Demokrat geram soal rumor Cak Imin jadi cawapres Anies

Jakarta, IDN Times - Nama Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024 bocor. Jajaran pengurus DPP PKB langsung menggelar rapat.

"Ya, rapat malam ini khusus internal PKB saja," ujar Ketua DPP PKB, Lukmanul Hakim di rumah dinas Cak Imin di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (31/8/2023).

Lukman mengatakan, PKB akan menyikapi terlebih dulu berita soal Cak Imin menjadi cawapres Anies.

"Kenapa dirapatkan karena memang di internal PKB juga perlu diskusi panjang karena ada mekanisme internal," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Lukman mengatakan jika hari ini Cak Imin juga tidak ada rapat di NasDem Tower.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat/Anggota Tim 8, Teuku Riefky Harsya, mengatakan dapat bocoran soal duet Anies dan Cak Imin di Pilpres 2024. Dia pun menyebut Demokrat dipaksa setuju dengan keputusan sepihak itu.

"Rentetan peristiwa yang terjadi merupakan bentuk pengkhianatan terhadap semangat perubahan, pengkhianatan terhadap piagam Koalisi yang telah disepakati oleh ketiga parpol, juga pengkhianatan terhadap apa yang telah disampaikan sendiri oleh Capres Anies Baswedan, yang telah diberikan mandat untuk memimpin Koalisi Perubahan," ujar Teuku dalam keterangannya, Kamis (31/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Teuku mengatakan, Anies pernah menyampaikan kepada Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menjadi cawapresnya.

"Di masa-masa ini, sejumlah parpol sahabat mendekati dan membuka komunikasi politik dengan Partai Demokrat. Khusus pada pertemuan dengan salah satu Parpol yang mengundang perhatian publik, Capres Anies menghubungi pada 12 Juni 2023 dan mengatakan kepada Ketum AHY, 'Saya ditelepon beberapa kali oleh Ibu saya dan guru spiritual saya, agar segera berpasangan dengan capres-cawapres Anies-AHY'," ucap dia.

Teuku mengatakan, Demokrat mendapat informasi kalau Cak Imin disepakati menjadi cawapres Anies Baswedan pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Baca Juga: Muncul Isu Pasangan Anies dan Cak Imin, Demokrat Ngamuk

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya