Duet Anies-Cak Imin Bocor, PKB Ajak Kiai Rapat Pleno di Surabaya

PKB langsung menggelar rapat internal di rumah Cak Imin

Jakarta, IDN Times - Pengurus DPP PKB langsung menggelar rapat internal, Kamis (31/8/2023) malam, menyikapi bocornya duet Anies Baswedan dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, sebagai calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) di Pilpres 2024.

Ketua DPP PKB Lukmanul Hakim di rumah dinas Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan mengungkapkan, partainya akan menggelar rapat pleno di Surabaya, Jawa Timur pada Jumat (1/9/2023) besok.

"Jadi, besok akan ada rapat Dewan Syura dan Dewan Tanfidz untuk menyikapi situasi dan perkembangan politik terbaru," ujar Lukman.

Lukman mengatakan, rapat pleno itu juga akan melibatkan kiai. Menurutnya, di Dewan Syuro PKB juga ada sejumlah kiai yang menjadi pengurus.

"Salah satu yang harus diajak musyawarah ini para kiai. Karena di PKB ada Dewan Syura. Para kiai harus diajak bicara dulu, dikonsultasikan dulu terkait dengan situasi hari ini," kata dia.

Lebih lanjut, Lukman mengatakan, PKB terlebih dulu menggelar rapat internal malam ini di rumah dinas Cak Imin.

"Ya, rapat malam ini khusus internal PKB saja," imbuhnya.

PKB menggelar rapat setelah Sekretaris Jenderal Partai Demokrat yang juga anggota Tim 8 Teuku Riefky Harsya membocorkan, bahwa Ketua Umum NasDem Surya Paloh telah memutuskan menduetkan Anies-Cak Imin, dan Demokrat dipaksa menyetujui keputusan sepihak itu. 

Teuku menegaskan, partainya menolak dan menyebutnya sebagai pengkhianatan.

"Rentetan peristiwa yang terjadi merupakan bentuk pengkhianatan terhadap semangat perubahan, pengkhianatan terhadap piagam koalisi yang telah disepakati oleh ketiga parpol, juga pengkhianatan terhadap apa yang telah disampaikan sendiri oleh capres Anies Baswedan, yang telah diberikan mandat untuk memimpin Koalisi
Perubahan," ujar Teuku dalam keterangannya, Kamis (31/8/2023).

Murka dengan keputusan Nasdem, Partai Demokrat menurunkan semua baliho bergambar Anies Baswedan dan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca Juga: Surya Paloh Temui Jokowi, Lapor NasDem Putuskan Duet Anies-Cak Imin

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya