Di Depan Prabowo, Jokowi Minta Menterinya Cuti Bila Ingin Nyapres

Jokowi ingatkan fokus kinerja menteri tidak terganggu

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta kepada para menterinya yang ingin maju sebagai calon presiden (capres) 2024 lebih baik cuti. Hal itu disampaikan Jokowi di kawasan Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta Utara.

Saat itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang berencana maju sebagai capres 2024 turut hadir.

"Menteri yang nyapres juga sama, kalau memang waktunya kampanye kurang, ya lebih baik cuti," ujar Jokowi, Senin (15/5/2023).

Baca Juga: Ini Deretan Menteri Jokowi yang Daftar Caleg pada Pileg 2024

1. Jokowi minta asal tidak melanggar regulasi

Di Depan Prabowo, Jokowi Minta Menterinya Cuti Bila Ingin NyapresPresiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (IDN Times/Istimewa),

Jokowi mengizinkan kepada menterinya yang ingin maju sebagai Capres 2024. Asalkan, kata Jokowi, tidak melanggar regulasi.

"Saya kira yang penting jangan melanggar regulasi, jangan melanggar undang-undang," kata dia.

Baca Juga: Menteri Ikut Nyaleg, Jokowi: Kalau Kerjanya Terganggu Ganti

2. Jokowi singgung menterinya yang jadi caleg bisa diganti bila kinerjanya tak baik

Di Depan Prabowo, Jokowi Minta Menterinya Cuti Bila Ingin NyapresPresiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengizinkan menterinya daftar sebagai Caleg 2024. Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan agar para menterinya tidak kendur dalam bekerja sebagai menteri.

"Nyaleg juga diperbolehkan, tetapi tugas juga tidak boleh ditinggalkan, nanti akan ada evaluasi, dievaluasi kalau memang dirasa itu mengganggu, diganti, biar konsentrasi ke nyalegnya," ucap dia.

3. Ada sejumlah menteri Jokowi yang jadi caleg

Di Depan Prabowo, Jokowi Minta Menterinya Cuti Bila Ingin NyapresIlustrasi - Kabinet Indonesia Maju (Twitter/@KSPgoid)

Sebelumnya, ada sejumlah menteri Jokowi yang akan maju sebagai Caleg 2024. Mereka adalah Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Kemudian ada Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Halim Iskandar dari PKB dan semua menteri dari PDI Perjuangan juga didaftrkan sebagai Caleg 2024, yakni Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PPPA Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri PANRB Azwar Anas, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Pileg 2024 Bertabur Bintang, Ini Deretan Artis yang Maju Jadi Caleg

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya